Tiga Bentuk Manasik Haji

Manasik haji ada tiga macam, Tamattu', Qiran dan Ifrad. Kita harus memilih salah satu dari tiga bentuk itu. 
1. Sifat manasik haji Tamattu' adalah berihram dari miqat untuk umrah (labbaikallahumma 'umratan), dan menyelesaikan seluruh manasik umrah pada bulan-bulan haji (Syawwal, Dzulqa'dah, dan Dzuljijjah). kemudian berihram untuk haji (labbaikallahumma hajjan) tepat pada tanggal 8 Dzulhijjah dari tempatnya di tahun yang sama dan mulai melaksanakan ibadah haji. 
2. Sifat manasik haji Qiran adalah berihram dari miqat untuk umrah dan haji secara bersamaan (labbaikallahumma hajjan wa 'umratan). setelah tiba di Makkah thawaf Qudum dan sa'i serta tetap dalam ihramnya hingga menyelesaikan ibadah Haji. 
3. Sifat manasik haji Ifrad adalah berihram dari miqat hanya untuk haji (labbaikallahumma hajjan). setelah tiba di makkah thawaf qudum dan sa'i serta tetap dalam ihramnya hingga menyelesaikan ibadah haji. 

Bagi kita yang berhaji secara tamattu' dan qiran wajib: 
1. Manasik 'umrah dalam haji qiran seperti thawaf, sa'i dan halq atau taqshir digabungkan dengan manasik haji. Sehingga dalam prakteknya, manasik haji Qiran sama dengan manasik haji ifrad, hanya saja haji Qiran wajib menyembelih hadyu. 
2. sa'i bagi haji Qiran dan Ifrad dapat dilakukan setelah thawaf qudum atau setelah thawaf ifadhah.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Tiga Bentuk Manasik Haji"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel