Manasik Haji memang Mudah

Ada kesan bahwa manasik haji itu sulit. Atau minimal orang yang ingin memahaminya merasakan sulit dalam menghapalkannya. Hal ini disebabkan karena manasik haji selama ini dijelaskan dengan penjelasan yang kurang sistematis. Kemudian ditambah lagi dengan cara penyampaian penjelasan di buku-buku lebih banyak mengemukakan hukum-hukum fiqih, seperti tentang syarat, rukun, wajib, sunnah, disertai dengan do'a do'a tertentu yang harus dihafal.

Bila demikian amatlah wajar orang berpendapat manasik haji itu membingungkan. Padahal banyak do'a yang disusun dalam buku-buku manasik haji dan umrah yang bukan merupakan rukun atau wajib. Do'a-do'a itu hanya bersifat anjuran saja. Bahkan banyak dari do'a-do'a itu yang tanpa dasar.
Apabila kita membuat penjelasan manasik haji itu lebih sederhana, maka tentunya akan sangat membantu bagi kaum muslimin yang akan melaksanakan ibadah haji.

Manasik Haji dimulai dari setelah matahari terbit pada tanggal 8 dzul hijjah (hari Tarwiyah) sampai tanggal 12 atau 13 dzulhijjah, jadi pelaksanaannya adalah 5-6 hari. Seperti yang tercantum pada penjelasan berikut ini: 1. Tanggal 8 Dzulhijjah Setelah matahari terbit (berihram untuk Haji dan) berangkat ke Mina serta menginap. 2. Tanggal 9 Dzulhijjah Berangkat ke Arafah setelah matahari terbit dan wukuf hingga matahari terbenam.

3. Tanggal 10 Dzulhijjah
    a. Malam
       Setelah matahari terbenam bergerak menuju Mudzdalifah, menginap dan singgah hingga matahari           menjelang terbit.
     b. Siang
Sebelum matahari terbit Berangkat ke Mina untuk
        I. Melempar Jamrah.
        II. Menyembelih Hadyu (qurban).
        III. Halq (memotong rambut) atau taqshir (menggunting seluruh rambut)
       IV. Thawaf Ifadhah dan / Sa'i. 4. Tanggal 11 sampai 12 atau 13 Dzulhijjah Menginap di Mina dan melempar tiga Jamrah di siang hari.
 Manasik umrah lebih ringkas lagi, yaitu:
1. Ihram dari Miqat.
2. Thawaf 7 putaran.
3. Sa'i 7 kali antara Shafa dan Marwah.
4. Halq atau taqshir. Akhirnya haji dan umrah selesai.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Manasik Haji memang Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel