Larangan Ihram

Setelah berihram untuk umrah dan haji maka berlaku larangan ihram. Saat umrah, larangan umrah berakhir setelah halq dan taqshir. Sedangkan saat haji, larangan ihram berakhir setelah tahallul pertama, kecuali hubungan suami-istri dibolehkan tahallul pertama.
1. Dilarang mencukur Rambut. "dan jangan kamu mencukur kepalamu, sebelum qurban sampai di tempat penyembelihannya." (Al-Baqarah: 196)
2. Dilarang mengerat kuku dan memotong bulu badan."kemudian hendaklah mereka menghilangkan tafats."(QS. Al-Hajj: 29), diantara makna tafats adalah memotong rambut dan mengerat kuku.
3. Diharamkan berburu binatang buruan darat, membantu berburu. "janganlah kamu membunuh binatang buruan, ketika kamu sedang ihram. " (QS Al-mai'dah: 95).
3. Dilarang meminang, menikah dan menikahkan. "(bagi yang sedang ihram dilarang menikah, menikahkan dan meminang," (HR. Muslim).
4. Dilarang bercumbu atau bersetubuh. "Barangsiapa yang menetapkan niatnya, dalam bulan itu akan mengerjakan haji, maka tidak boleh rafats." (QS. Al-Baqarah: 198). Makna rafats: bersetubuh atau mengeluarkan perkataan yang menimbulkan birahi yang tidak senonoh.
5. Dilarang memakai wewangian di pakaian atau di badan. "(jangan memakai pakaian apapun yang dicelup dengan za'faran (semacam kunyit) dan wars (tumbuhan berwarna kuning). "(HR Al-Bukhari dan Muslim)
6. Pria dilarang memakai baju, celana, kaos kaki, sarung tangan dan menggunakan penutup kepala seperti peci, serban, dan topi. "Jangan menggunakan baju, serban, celana, burnus (baju yang memiliki tutup kepala) dan khuf (sepatu yang menutupi kedua mata kaki), kecuali bagi orang yang memang tidak memiliki sandal, boleh memakai khuf dengan syarat harus dipotong sampai dibawah mata kaki." (HR Al-Bukhari dan Muslim)
7. Wanita dilarang memakai sarung tangan dan cadar. "wanita yang sedang ihram jangan memakai cadar dan sarung tangan" (HR Al-Bukhari)

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Larangan Ihram"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel