Rahasia Sedekah Para Sahabat

Selamat berbahagia bagi anda yang berkunjung ke blog kami. Meskipun tidak sengaja menemukan tulisan ini, namun semoga ada manfaat yang bisa diambil.

Anda bisa juga memberikan komentar atas tulisan-tulisan yang kami terbitkan. Selalu ada pahala untuk sebuah ketulusan dan niat yang baik.

Sambil anda bersantai saya ingin menghadirkan sebuah rahasia sedekah yang diamalkan oleh Rasulullah saw yang kemudian diikuti oleh sahabat-sahabtnya yang mulia.

Kita bukan hanya wajib mengikuti mereka tapi juga wajib menyampaikan ajaran-ajaran terbaik yang mereka katakan dan mereka amalkan.

Pertama, soal sedekahnya Rasulullah saw sudah banyak kita tahu. Para sahabat pun demikian. Akan panjang daftar nama yang akan kita sebut dari manusia zaman dahulu hingga kini. Siapa yang lebih dermawan selain orang yang mengorbankan nyawanya demi hidup orang lain. Pertama lihatlah ibu dan ayah anda. Itu yang dekat dengan kita. Para rasul? Apalagi mereka. Orang-orang mulia ini tidak hanya menghidupkan tubuh tapi juga menghidupkan ruh dan akal hingga ia bahagia dunia dan akhirat.

Kedua, soal sedekah besar-besaran. Sebut satu namanya Abu Bakar. Ia menginfakkan seluruh hartanya dan ia teramat bahagia. Dan Allah menggantinya berkali lipat. Dan yang paling mahal adalah ia ditempatkan pada derajat yang tinggi oleh Allah SWT.

Kita langsung ke inti rahasia sedekahnya para sahabat. Selain yang dua itu tadi ternyata ada satu lagi yang belum banyak orang yang mempraktekkannya. Padahal kalau anda mau mengamalkan yang satu ini anda akan banyak mendapatkan kebaikan-kebaikan seperti yang didapatkan para sahabat. Keistimewaannya antara lain:

Dekat dengan Allah
Dekat dengan manusia dan dicintai mereka
Harta berlimpah
Kaya raya
Perniagaan untung
Kehidupannya bahagia
Dan banyak-banyak lagi yang lainnya

Apa rahasianya?

Rahasianya adalah Para sahabat itu selalu mencari orang-orang yang membutuhkan, yang lapar diberi makanan, yang telanjang diberikan pakaian, yang punya utang dibayarkan utangnya, yang membutuhkan modal diberi modal.

Kegiatan ini menjadi agenda para sahabat. Mereka kumpulkan data lengkap dan nama-nama orang atau lembaga yang membutuhkan bantuan.

Jadi kalau sedekah kepada yang meminta dan datang mengetuk pintu anda lantas anda memberikan sedekah saja sudah luar biasa apalagi kalau anda mau turun ke lapangan, keluar rumah mencari dan berupaya menemukan mereka.

Itulah yang saya dengar dari Ustadz DR Khalid Basalamah. Semoga Allah memberikan keberkahan kepadanya dan kepada kita semua .. aminn