Keuntungan Besar Sejalan dengan Resiko Besar

Orang yang mau bekerja lebih keras akan menghasilkan uang lebih banyak. Begitu teori secara umum. Dalam beberapa hal anda pasti sepakat.

Di tempat saya bekerja ada seorang karyawan yang kerjanya pol-polan. Ia bahkan suka menawarkan diri untuk membantu mengerjakan pekerjaan rekannya. Luar biasa energi servicenya untuk orang lain.

Pribadi seperti ini tidak kami sebut rakus atau tamak. Untuk yang rakus dan tamak ada katehori negatif khusus bagi yang menyerobot bagian orang lain. Tapi kasus ini berbeda. Ia adalah orang yang konsisten dengan pekerjaannya dan tidak sungkan menawarkan bantuan kepada yang lainnya.

Tahukah anda apa yang terjadi padanya? Gajinya pasti lebih tinggi. Ia dikenal berotak encer dan seorang yang mampu mengatur sebuah team dengan baik.

Orang seperti ini ditambahi beban berat yang tidak akan mampu dipikul karyawan bermental lembek. Ia menantang bahaya yang resikonya tinggi dengan sangat baik. Dan anda akan tercengang bila melihat kenaikan gajinya yang 3 kali lipat karyawan biasa.

Saya mengambil kesimpulan kalau mau seperti ini maka anda harus berani menantang resiko dengan penuh perhitungan yang ketat. Besarnya keuntungan selalu berbandung lurus dengan resiko yang ditanggungnya. Saya tidak tahu apakah ini benar atau tidak yang jelas saya masih mencari jawabannya.