Dengarkan Orang Kaya Bagaimana Mereka Bisa Kaya

Mencermati Nasihat Syaikh Abd Al-Aziz As-Sadhan membuat sydut pandang baru soal otoritas dan pencarian hakikat sesuatu dengan cara yang mudah dan cepat.
Ia mengungkapkan:
اذا تكلم الراسخون وقت الفتن: خبث نارها
واذا تكلم غيرهم: زاد ضرامها
Apabila orang-orang berilmu yang berbicara saat terjadi fitnah maka apinya akan padam.
Apabila selain mereka yang berbicara maka apinya semakin membara.
Asy-Syaikh tidak sedang berbicara soal kaya atau kekayaan. Tapi saya ingin menerapkannya pada tema ini karena masih bisa dihubungkan.
Anda bisa menghubungkannya saat anda handling bisnis anda. Sekali-kali jangan bicarakan masalah anda kepada orang yang tidak memiliki pengetahuan tentangnya.
Carilah orang yang ahli untuk memberikan advices kepada anda. Cerita ini mengingatkan perjuangan pemimpin perusahaan Syamil di Bandung. Saat perusahaannya mengalami collaps ia mengambil langkah tepat dengan cara menghubungi orang-orang yang ahli dalam menyembuhkan perusahaan-perusahaan yang sakit.



Hasilnya sangat memuaskan. Apa sebabnya? Karena, bagi seorang ahli, masalah yang anda nilai tidak ada solusi akan mudah sekali menemukan jawabannya.
Coba anda ingat sewaktu mengikuti ujian sekolah. Misalnya yang harus anda jawab adalah soal-soal matematika. Guru yang menyiapkan soal biasanya telah menghitung bobot soalnya. Saat menemukan soal yang bobotnya besar maka anda akan kesulitan.
Anda kesulitan menjawab soal Matematika itu. Tapi bagi guru yang memberikan soal sama sekali tidak sulit karena ia juga mengetahui jawabannya.
Bila selama 10 menit anda tidak yakin dengan jawaban untuk soal yang pertama maka gurunya dalam 1 Menit sudah bisa menyelesaikan jawaban untuk 10 soal.
Betapa mudahnya jawaban sebuah persoalan bagi sang ahli. Dan betapa payahnya orang yang tidak ahli dalam menjawab satu soal yang sederhana.
Demikianlah adanya ...
Saat ujian itu, kalau anda menanyakan jawaban atau cara menjawab soal kepada teman sebangku anda, yang anda tahu kwalifikasi dan kemampuannya, bisa-bisa anda malah akan tambah bingung.
Demikian seperti yang dikatakan syaikh di atas. Kalau anda ingin masalah hidup anda selesai dengan cepat dan mudah maka mintalah petunjuk kepada yang ahli. Siapa lagi yang lebih ahli menyelesaikan masalah selain Allah. Bacalah dzikir dan doa dan biasakanlah membaca kalam-Nya. Bicaralah dengan Rasulullah saw dan menyimak jawaban-jawaban yang pernah diberikannya kepada para sahabatnya.
Allah memiliki orang-orang yang dekat padaNya. Temuilah orang-orang soleh dan mintalah saran kepada mereka. Dengarkanlah nasihatnya.
Dalam neraih kekayaan maka dengarkan apa yang dikatakan orang-orang kaya itu. Mereka yang sudah melakukan cara-cara agat busa kaya bisa anda ikuti dan anda terapkan. Anda bisa meniru yang baik-baik dan meninggalkan cara-cara yang buruk.
Semoga kekayaan yang Allah titipkan kepada anda akan semakin membuat anda mensyukuri nikmat-nikmatnya dannbisa berbagi dengan orang-orang di sekitar anda.