5 Cara Mengobati Hati yang Sakit

Apa yang kamu rasakan saat mau berubah ke arah yang lebih baik menemukan banyak hambatan, dicurigai, tetap dicap jelek, dinilai sok alim, dan seterusnya, hingga perbaikan diri tidak kunjung berjalan seperti yang diinginkan.



Jangan-jangan selama ini kamu tidak punya gamabaran lengkap soal hambatan-hambatan atau godaan-godaan yang akan terjadi pada seseorang yang mau berubah atau bahasa kekiniannya HIJRAH.

Atau mungkin anda sudah punya gambaran lengkapnya tapi belum punya rancangan atau langkah-langkah yang pasti untuk menghadirkan impian anda untuk berubah.

Bingung mencari ide dari buku-buku, kata-kata mutiara dari sosial media, tidak ada gambaran utuh untuk semua itu, sementara anda hanya memiliki sedikit waktu untuk itu.

Anda tidak usah sedih karena Islam memberikan gamabaran yang jelas untk itu.

Ingin tahu?

Jadi Islam mampu menghadirkan tips terbaik bagi anda yang hatinya sakit, galau, sedih, atau tidak semangat menjalankan agama, dan bagi yang hatinya hancur dan mundur kembali ke awal sebelum hijrah.

Berapa Anda harus membayar untuk yang satu ini?

Tenang saja, harganya memang mahal karena ini ilmu mahal. Namun anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk menjalankannya kecuali bila anda mau dan ada.

Pertama

Membaca Al-Qur'an

Membaca Al-Qur'an akan mengobati luka Anda. Bila anda baru pertama kali membaca bersabarlah. Anda akan menikmati keistimewaannnya setelah berupa menjadi teman dekatnya. Pertemua pertama bacalah kisah-kisah para Rasul dan orang orang soleh, lalu bacalah bagaimana kesudahan orang-orang jahat itu.

Kedua

Shalat Malam

Sengaja bangun untuk shalat menghadirkan keindahan dan kebanggaan dala hati. Bangkitya hati untuk sengaja berniat bangaun untuk menghadap Allah di malam yang sunyi, kerelaan sendiri, menampakkan bekas yang sangatbaik untuk kesembuhan hati anda. Anda mengeluh, mengadu, berharap, dan membawa semua persoalan hidup anda ke hadapan yang tepat, karena hanya Allah yang Maha Kuasa melembutkan hati anda dan mengatasi masalah anda.

Ketiga

Dzikir Malam

Menyempatkan dan menyengaja bangun untuk berdzikir kepada Allah memberikan anda perasaa yang hidup, semangat hidup, peluang terbaik, dan anda berjumpa dengan yang wajib diingat sepanjang hidup. Dia yang akan menghidupkan kembali hati anda yang sakit dan hampir mati. Kalau anda ingat padaNya maka Ia akan ingat padamu dengan membawa kebaikan-kebaikan padamu.

Keempat 

Puasa

Lakukan amalan ini dengan kesungguhan mata hati akan tajam dan mampu melihat kebakan-kebaikan. Tidak ada keburukan yang bersarang pada hati orang yang berniat puasa karena berharap ridho Allah. Dzat yang Maha Kuasa memberikan anda banyak kebaikan hingga pada soal niat yang barus saja anda tanam dalam hati.

Kelima

Berkumpul dengan Orang Soleh

Orang soleh itu kalau anda melihat wajahnya bisa membuat anda ingat kepada Allah. Ada keteduhan, sejuk, syahdu, dan anda akan lupa pada duniawi yang fana. Bahkan benda-benda dunia saat anda lihat hanya mengingatkan anda pad Penciptanya. Orang soleh tidak akan sembarang berbicara, bersikap berbuat, bahkan hatinya selalu terjaga. Anda bisa meneladaninya. Kalau anda mau menolong diri anda untuk lebih baik maka Allah akan menolong anda.