Menyiram Air nan Sejuk di Hati Yang Gersang

Di Khartoum pula ada Farmers Commercial Bank, yaitu sebuah bank yang didirikan tahun 1946 oleh Abdalmoniem Mohammad Aldalmoniem. Akadnya sama yaitu wakaf musytarak dengan penerima manfaat 25% diutamakan untuk keluarga, 20 % untuk rumah sakit, 20 % untuk pengelola dan selebihnya untuk perbagai kebaikan umat yang dirinci satu per satu sampai satuan terkecil 2 %.

Di kota dan negeri yang sama ada rumah sakit Alzaytona Specialized Hospital yang didirikan tahun 1977 oleh Sakina Ahmad hasan Abdalmoniem.  Dalam pesan wakaf-nya, wakaf ini juga masuk kategori wakaf musytarakkarena penerima manfaatnya meliputi keluarga (45%), 25 % untuk pendidikan, dan masing-masing 10% untuk kesehatan, masjid dan yatim.

Yang di atas itu tadi adalah tulisan karya Muhaimin Iqbal. Saya suka sekali membaca karya yang diserta data. Kadang-kadang saya berujar dalam hati saya, "Hebat sekali orang ini, tau dari mana datanya sampai komplit begini?" Itulah yang sering ada dalam perasaan saya. Biarlah saya simpan dulu. Yang jelas saya suka membaca tulisan-tulisan mereka yang hebat-hebat itu untuk saya tiru dan ikuti. Biarlah say menjadi pembelajar sampai maut memisahkan.



Memba tulisan-tulisan yang penuh solusi seperti sepengal kalimat-kalimat di atas, saya ibaratkan bagaikan orang yang sedang berada di sebuah gurun, ia lapar, dan yang paling parah ia sangat kehausan. Liurnya sudah lengket dan ia berharap ada oase. Ia membayangkan air yang sejak tadi hanyalah fatamorgana. 

Bayangkan anda diposisinya!

Orang seperti itu tidak membutuhkan nasihat. Yang dibutuhkannya adalah air. Anda juga membutuhkan air. Tapi butuhnya belum mencapai tingkat butuhnya orang tadi. Jadi kalau anda menuangkan segelas air ke mulut orang ini apakah gerangan yang ia rasakan. Tentunya ... lega ... dan ia akan berterima kasih kepada anda berkali-kali.

Bagi saya aktifitas membaca adalah bagian yang tidak boleh terpisahkan dalam keseharian. Karena dari kata-kata yang mengalir di depan mata bagailan air sejuk yang setiap saat bisa saya reguk dengan mudah, sehat dan bergizi baik.

Maka, bacaan terbaik adalah Al-Qur'an. Dan orang yang baik adalah orang yang mengajarkan Al-Qur'an. Termasuk dalam bagian ini adalah orang yang mengajarkan anda dengan kata-kata yang membuat anda semangat beribadah kepada Allah SWT dengan penuh fitalitas.


Saya Sarip Hidaya
Hormat saya dengan sepenuh cinta
Dari sebuah sudut di ruang guru MAS Al-Holiliyah Cidaun
Cianjur - Jawa Barat