Perbedaan Shaum dan Shiam

by Wita Saida , at Juni 02, 2018
Pertama kali, kami ingin mohon izin pengetahuan kami yan pendek ini ke hadapan pembaca semua. Kami ingin mencatat ilmu yang kami dengar dan syukur kalau ada yang mau berbagi dengan yang lain.

Perbedaan shaum dan sham itu apa?

Shaum dan shiam adalah bntuk kata benda dari kata kerja shaama (kata kerja lampau) yashuumu (kata kerja kini dan akan datang). Kmudian bentuk kata bendanya ada dua yaitu shaum dan shiam.

Menurut yang kami dengar ari para guru agama Islam, Shaum ini memliki makna puasa dalam arti umum. Maka kalau anda tidak makan berarti anda sedang shaum. Dan bila anda tidak berbicara maka anda juga puasa bicara atau shaum dari berbicara. Begitu seterusnya.

Sedangkan kalau diucapkan shiam maknanya adalah puasa dalam arti khusus. Yakni puasa menurut ajaran Islam sebagaimana penjelasan Rasulullah saw yang bersumber dari Al Qur'an yang mulia.

Maka kalau ada puasa-puasa dalam agama selain Islam itu bisa dikatakan shaum. Begitu pula kalau dalam ajaran Islam di masa lalu ada puasa maka istilahnya shaum seperti yang dikerjakan oleh Maryam ibunda Nabi Isa alaihissalam.

Segala bentuk sham baik masa lalu maupun masa kini kemudian dikhususkan dan disalin oleh shaum dalam ajaran Islam yang disebut shiam. Maka dengan demikian kata shiam lebih khusus dari kata shaum.

Semoga di Bulan Ramadhan kali ini para ayah dimdahkan mencari nafkah buat anak dan istrinya. Para istri ditambah kesabaranna dalam mendidik dan mengurus rumah tangga. Dan anak-anak diberikan kesalihan hati dan kecerdasan akal hingga bisa menghapal Al Qur'an 30 juz lengkap. Dan para orang tua diampuni dan didekatkan kepada Allah dengan kedekatan yang sangat.
Perbedaan Shaum dan Shiam
Perbedaan Shaum dan Shiam - written by Wita Saida , published at Juni 02, 2018, categorized as Celoteh
Comment disabled
Copyright ©2013 Sarip Hidayat by
Theme designed by Damzaky - Published by BLOG MR.W
Powered by Blogger