Lailatul Qadar Tidak Sama Dengan 1000 Bulan!

by Wita Saida , at Juni 03, 2018









Lailatul Qadar Tidak Sama Dengan 1000 Bulan!


Selamat berpuasa semoga anda selalu berada dalam iman dan taqwa selalu kepada Allah. Dimudahkan sega urusan anda, niat baik anda, cita-cita mulya, dan selalu diberkahi langkah dan rezeki yang Allah berikan kepada anda.

Jika sebelum Ramadhan anda menyiapka diri untuk beribadah di Bulan Ramadhan, maka setelah anda berada di Bulan Ramadhan anda mesti terus menyiapkan hati nda dan menguatkan iman anda untuk berburu apapun yang diceritakan dan dilukiskan dengan sangat indah di dalam Al Qur'an.

Sekarang sudah tanggal 19 Ramadhan maka brsiaplah untuk terus memohon ampun kepada Allah dan memburu aapun yang Allah janjikan. Allah suka kepada orang yang berpuasa dengan benar maka kita berupaya berpuasa dengan benar.

Ada satu lagi yang mesti kita sukai dan berupaya mendapatkannya. Malam Qadr. Biasanya familiar disebut lailatul qadr. Setelah berupaya memaknai arti kata ini ternyata diri ini telah melakukan kekeliruan atau setidaknya kesalahan persepsi.

Selama ini saya memiliki hitungan, bahwa malam ini sama dengan 1000 bulan. Jadi kalau anda dan saya beribadah di bulan ini pahalanya sama dengan ibadah 1000 bulan. Bila sekali sujud maka anda sama saja dengan bersujud 1000 bulan tanpa henti.

Sampai titik ini persepsi dan pemaknaan malam ini sangat indah dan sempurna membius hati dan akal. Betapa besar hsrat hati untuk menapatkannya. Dan betapa banyak orang yang menyiapkan diri untuk meraihnya.

Namun, setelah mendengar sejumlah penjelasan ulama, saya sadar ada yang tidak tepat dalam persepsi saya selama ini. Ternyata lailatul qadr ini bukan sama dengan 1.000 bulan tapi Al Qur'an menyebutkan lebih baik dari seribu bulan.

Subhanallah wastaghfirullah. Saya minta ampun telah melakukan kekeliruan ini dan sempat menyebarkannya. Setidaknya saya melakukan kesalahan karena membatasi rahmat Allah hanya 1.000 bulan padahal Allah berfirman Lailah Al-Qadr LEBIH BAIK dari 1.000 bulan.

Maka kalau lebih baik bisa 2.000 bulan, 3.000 bulan sampai hitungan yang saya dan anda tidak mengetahuinya. Semua pantas saja karena Allah menyatakan bahwa "Puasa itu hanyalah untukKu, dan Aku yang Maha Kuasa Membalasnya". 

Maha Benar Allah dengan segala firman Nya. 

Kata yang Allah gunakan dalam menyebut malam ini lbih baik dari 1.000 bulan adalah kata khair yang artinya bukan baik tapi lebih baik. Kalau diterjemahkan artinya ahsan bikatsiir, lebih baik dengan kebaikan yang sangat melimpah.

Kesalahan yang kedua adalah saat mengartikan kata Alfi atau alf. Kosa kata ini sering diterjemahkan dengan arti seribu. Namun dalam kiah dan kebiasaan masyarakat arab atau Non Arab ternyata kata seribu ini bukan berarti bilangan ditas 999 dan di bawah 1.001. Tapi kata seribu  menunjukkan arti banyak bahkan sangat banyak.

Maka kalau ada orang yang menginginkan hidup 1.000 tahun bukan berarti begitu. Artinya ia menginginkan panjang umur atau mengharapkan hidup yang lami dn penuh kebahagiaan. udah pasti kalau kata 1.000 dalam Surah Al Qadr ini mengandung arti kebaikna yang sangat banyak dan penuh keberkahan serta kebahagiaan.

Mohon maaf tulisan ni panjang dan lebar. Saya sadari tidak ada keahlian dalam diri saya mmbicarakan hal ini dan mempersembahkannya ke hadapan anda. Namun saya berharap ada kebaikan di dalamnya ang tidak menghalangi saya untuk menghidangkannya melalui media ini.
Lailatul Qadar Tidak Sama Dengan 1000 Bulan!
Lailatul Qadar Tidak Sama Dengan 1000 Bulan! - written by Wita Saida , published at Juni 03, 2018, categorized as Celoteh
Comment disabled
Copyright ©2013 Sarip Hidayat by
Theme designed by Damzaky - Published by BLOG MR.W
Powered by Blogger