Saintis Barat Sebut Pohon Kelor Pohon Ajaib, Apa Sebabnya?

by Wita Saida , at Januari 24, 2018
Namanya Agus. Seorang ayah satu anak. Ia adalah tetangga dekatku. Ia sering membantu pekerjaan di kebu Cabe miliki keluarga kami di kampung. Semoga kehidupannya lebih baik.

Sering kali ia meminta izin untuk memetik daun Kelor yang ada di belakang rumah orang tuaku. Saat ditanya khasiatnya, ia hanya menjawab dalam bahasa Sunda "Supaya si Jalu cangker".

Baca juga:
Apa Arti Menolong Agama Allah?

Saintis Barat Sebut Pohon Kelor Pohon Ajaib, Apa Sebabnya?
Saintis Barat Sebut Pohon Kelor Pohon Ajaib, Apa Sebabnya?

Maksud perkataan Mang Agus ini adalah agar anaknya menjadi kekar. Karena biasanya ia memasak daun kelor dengan cara disayur.

Cerita Agus dan daun Kelor di atas mengawali pencarian saya akan khasiat dari Daun Kelor. Sampai-sampai saya mendengar bahwa para normal masih menggunakannya sebagai media pengusir Jin.

Bagaimana pendapat saitis untuk hal ini?

Daun kelor sendiri bentukya sangat kecil. Dalam sebuah publikasi ilmiah disebutkan bahwa daun kelor ini memiliki kekuatan ajaib.

Kelebihan dari Pohon Kelor atau Moringa oleifera ini antara lain mulai akar hingga daunnya bisa dimakan. Pertumbuhannya sangat cepat dan sangat tahan dengan kekeringan.

Keistimewaan lainnya dari tumbuhan ini adalah benihnya dapat menjernihkan air. Tentu saja ini penemuan yang berharga hingga kita tidak perlu bahan-bahan kimiawi untuk membuat air menjadi jernih.

Dari mana asal tanama Kelor ini. Menurut para ahli, Kelor berasala dari kawasan Himalaya dan menyebar ke Afrika hingga sampai juga ke Indonesia di Asia Tenggara.

Pohon Kelor memang cepat sekali tumbuh. Pohon ini bisa tumbuh di semua kondisi dari mulai daerah basah hingga kering. Di kampung penulis kelor bisa tumbuh di kawasan pesisir seperti di dekat pesisir pantai selatan.

Pohon kelor bisa tumbuh di daerah yang memiliki ketinggian 300 meter di atas permukaan laut. Pohon ini bisa tumbuh tinggi hngga 12 meter.

Karena hemat unsur hara, pohon Kelor sangat baik sebagai tumbuhan pioneer untuk menyuburkan tanah sebelum ditanamai tanaman produktif lainnya.

Tanaman Multifungsi

Telah dijelaskan di atas bahwa semua bagian pohon Kelor dapat digunakan, mulai akar, batang, kulit pohon, daun, bunga, hingga bijinya.

Kandungan dari daun Kelor adalah vitamin A dan vitamin C. Daun Kelor bisa diolah menjadi makanan yang enak dan bergizi. Di kampung penulis daun Kelor diolah dengan cara disayur atau diolah menjadi balado yang enak.

Selain itu, daun Kelor juga dikenal kaya kalsium (Ca) dan zat besi (Fe). Juga sumber fosfor yang baik. Buah mudanya berkadar air tinggi dan kandungan proteinnya tinggi.

Meskipun demikian, daun Kelor ternyata mengandung lemak yang rendah. Tentu saja ini bagus untuk kesehatan.

Sementara di negara lain seperti India, olaan dari daun Kelor ini bahkan sudah menjadi komoditas perniagaan yang sangat menjanjikan dan keberadaannya bisa dicari di supermarket.

Ada yang lebih menarik lagi dari daun Kelor ini. Di katakan dalam sebuah penelitian bahwa daun Kelor bahwa kualitas anti-inflamasi dari ekstrak daun Kelor, mungkin lebih manjur daripada madu dan kunyit.

Bagaimana dengan bijinya, apa yang terkandung di dalamnya? Ternyata biji Kelor yang kering mengandung kadar minyak (lemak) nabati 25 – 40%. Komposisi asam lemaknya meliputi, asam oleat, asam linoleat, asam eiokosanoat, asam palmitat, asam stearat, asam arakhidat, dan lainnya.

Biji Kelor yang sudah tua bisa digunakan sebagai bahan baku pembuatan obat dan kosmetika. Tentu saja ada petunjuk khusus untuk menjadikannya sebagai bahan kosmetik dan obat.

Ada juga yang sangat menarik, minyak yang dihasilkan dari buah Kelor bisa dibuat Minyak pelumas yang digunakan oleh tukang arloji pun bisa diproduksi dari biji Kelor. Luar biasa bukan?!

Ilmuwan yang lain menyatakan bahwa satu tees getah Kelor bisa menyembuhkan luka lebih cepat. Sebenarnya ini telah diketahui sejak lama. Para penyabung Ayam menggunakannya sebagai obat untuk mengobati ayamnya yang terluka sehabis diadu.

Selain bisa mengobati luka, daun Kelor digunakan juga sebagai obat tetes mata yang ampuh. Sejak lama ini juga diketahui orang dan baru akhir-akhir ini dikuatkan oleh penemuan ilmiah.

Khasiat dari daun kelor berikutnya sebagai obat kompres. Daun Kelor bisa dgunakan menurunkan panas, obat demam, yang biasanya diaplikasikan dengan cara digabungkan dengan kulit akar pepaya yang dikeringkan lalu dihaluskan.

Daun Kelor juga merupakan disinfektan yang baik. Daun Kelo adalah obat luar yang bisa digunakan mengobati luka, borok, atau kulit yang terkena jamur seperti kurap.

Berikutnya, Air rebusan akarnya konon ampuh untuk obat rematik, epilepsi, antiskorbut, diuretikum, hingga obat kencing nanah. Juga pengobatan malaria, mengurangi rasa sakit, dan menurunkan tekanan darah tinggi.

Demikian khasiat daun Kelor,








Saintis Barat Sebut Pohon Kelor Pohon Ajaib, Apa Sebabnya?
Saintis Barat Sebut Pohon Kelor Pohon Ajaib, Apa Sebabnya? - written by Wita Saida , published at Januari 24, 2018, categorized as Kecantikan , Kesehatan
Comment disabled
Copyright ©2013 Sarip Hidayat by
Theme designed by Damzaky - Published by BLOG MR.W
Powered by Blogger