Doa Sebelum Salam dalam Shalat

by Wita Saida , at Januari 09, 2018
Doa sebelum salam dalam shalat berada di antara bacaan shalawat atas nabi dan bacaan salam. Adakah bacaan khusus yang bisa dibaca pada waktu tersebut? Sesungguhnya artikel ini akan berupaya menjawabnya.

Sesungguhnya dalam hal ini ada hadits Rasulullah saw yang menjelaskannya. Jadi anda harus baca apa sudah ada keterangannya. hanya saja secara redaksi bisa anda gunakan redaksi doa dari rasulullah saw..

Baca juga:
14 Doa Yang Tidak Tertolak

Rasulullah saw bersabda:

" إذا فرغ أحدكم من التشهد الأخير فليتعوذ بالله من أربع يقول : اللهمّ إني أعوذ بك من عذاب جهنم ومن عذاب القبر ومن فتنة المحيا والممات ومن شر فتنة المسيح الدجال " رواه البخاري ( 1311 ) ومسلم ( 588 )

Artinya:

Apabila seseorang telah selesai tasyahud akhir, maka berlindunglah kepada Allah dari 4 perkara, ia membaca: Ya Allah, aku berlindung kepadamu dari siksa jahannam dan dari siksa khubur, dan dari fitnah hidup dan mati, dan dari buruknya fitnah Al Masih Ad Dajjal.

Kemudian, bagaimana kalau setelah itu ditambah doa yang lain, bolehkah? Adakah redaksi doa yang lain?

Untuk menjawabnya, ada keterangan lain dalam hal ini;

واللفظ له - من حديث أبي هريرة . ثم يدعو بعد ذلك بما يشاء من خير الدنيا والآخرة . لحديث ابن مسعود " أن النبي صلى الله عليه وسلم علّمهم التشهد ثم قال في آخره ثم ليتخير من المسألة ما شاء " رواه البخاري ( 5876 ) ومسلم ( 402(

Artinya:

Masih lafadz AAl Bukhari, dari haditsnya Abu Hurairah, Kemudian ia (seseorang) berkata, setelah itu, dengan apa yang dikehendakinya dari kebaikan dunia dan akhirat. Karena ada hadits dari Ibnu Mas'ud bahwa "Rasulullah saw mengajarinya tasyahud kemudian di akhirnya, hendaknya ia memilih permintaan yang dikehendakinya.

Demikianlah ulasan mengenai Doa Sebelum Salam dalam Shalat. Untuk lebih jelas silahkan merujuk kepada kitab-kitab yang otoritatif.
Doa Sebelum Salam dalam Shalat
Doa Sebelum Salam dalam Shalat - written by Wita Saida , published at Januari 09, 2018, categorized as Doa
Comment disabled
Copyright ©2013 Sarip Hidayat by
Theme designed by Damzaky - Published by BLOG MR.W
Powered by Blogger