Doa Sebelum Belajar dalam Agam Islam

by Wita Saida , at Januari 21, 2018
Sesungguhnya belajar yang dimaksud adalah belajar pada masa kini. Maksudnya di ruangan kelas baik di sekolah maupun asrama dengan tata aturan dan rutinitas yang sudah baku adanya. Dalam tradisi-tradisi para ulama dahulu pasti doa sebelum belajar dibaca saat mereka akan memulai pelajaran.

Apakah ada doa khusus?

Mengenai hal ini, sudah sangat jelas bahwa semua perbuatan mesti diawali dengan membaca basmalah. Bahkan kalau akan membahas satu ilmu, sudah menjadi kebiasaan para ulama, untuk mengaitkan pembahasannya dengan bahasan basmalah ini.

Bacalah:
Rahasia Kehebatan Doa Bangun Tidur Termasuk Sengaja Bangun dengan Menggunakan Alarm

Doa Sebelum Belajar dalam Agam Islam
Doa Sebelum Belajar dalam Agam Islam
Apa artinya penjelasan di atas?

Pengertiannya, kalau mau belajar, apalagi belajar ilmu agama, maka jangan lupa membaca basmalah. Karena dalam basamalah ini terkandung niat tulus nan suci dalam berbuat sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT.

Lantas, bagaimana kalau ditamabah dengan doa-doa lain, seperti yang terdengar di banyak sekolah dan melazimkannya?

Dalam hal ini tidaklah mengapa, hanya saja mesti ada penjelasan mengenai sumber bacaannya. Bila itu dari hadits yang ma'tsur maka sampaikanlah riwayatnya.

Dan bila bacaan itu bukan bersumber dari Rasulullah saw maka mesti juga ada penjelasan berhubungan dengan bacaan doa tersebut.

Kalaupun ada sumbernya dari Rasulullah saw sebaiknya diteliti apakah doa itu khusus dikatakan sebagai doa sebelum belajar ataukah sebagai doa umum yang berisi permohonan agar dimudahkan dalam segala hal termasuk belajar.

Bila kondisi yang kedua maka bacaan doanya dibolehkan dan pelaksanaannya tiap hari juga boleh asalkan disebutkan bahwa itu bukan bagian dari sunah tapi bagian dari kewajiban berdzikir dan doa kepada Allah SWT.

Ada juga bacaan doa sebelum belajar yang boleh dibaca, seperti bacaan doa berikut ini:

سم الله الرحمن الرحيم الحمد لله رب العالمين، والصلاة والسلام على سيدنا محمد الصادق الوعد الأمين، سبحانك لا علم لنا إلا ما علمتنا إنك أنت العليم الحكيم، علمنا ما ينفعنا، وانفعنا بما علمتنا، وزدنا علماً، وأرنا الحق حقاً وارزقنا اتباعه، وأرنا الباطل باطلاً وارزقنا اجتنابه، واجعلنا ممن يستمعون القول فيتبعون أحسنه، وأدخلنا برحمتك في عبادك الصالحين، أخرجنا من ظلمات الجهل والوهم إلى أنوار المعرفة والعلم، ومن وحول الشهوات إلى جنات القربات.
Doa Sebelum Belajar dalam Agam Islam
Doa Sebelum Belajar dalam Agam Islam - written by Wita Saida , published at Januari 21, 2018, categorized as Doa Harian
Comment disabled
Copyright ©2013 Sarip Hidayat by
Theme designed by Damzaky - Published by BLOG MR.W
Powered by Blogger