Bacaan Hauqalah dan Keutamaannya - Bagian Pertama

by Wita Saida , at Desember 25, 2017
Bacaan Hauqalah dan Keutamaannya berupaya mejawab pertanyaan penting dan mendesak dari para remaja. Namun pada perkembangan selanjutnya, setelah diperhatikan dengan seksama, ternyata kalangan orang dewasa pun banyak yang tidak tahu apa itu Hauqalah.

Sebenarnya Hauqalah ini adalah ucapan:

لا حول و لا قوة إلا بالله

Dengan demikian, bacaan ini, sebenarnya sangat familiar. Banyak sekali dicapkan dan sampai di sini tidak ada permasalah serius. Namun saat orang bertanya apa manfaat atau faedah dari bacaan ini? Setidaknya tahap pertama memahami maknanya.

Memang banyak bacaan-bacaan yang kita baca, dan sudah menjadi wirid yang tidak pernah kita tinggalkan, hanya saja sering kali kita tidak tahu maknanya.
Sampai di sini, ternyata sangat jauh bedanya orang yang beramal dengan ilmu dibandingkan dengan orang yang beramal tanpa ilmu. Hasilnya ternyata berbeda.

Baca juga:
Doa Saat Anda Merasakan Kondisi Yang Tidak Menentu
Bacaan Hauqalah dan Keutamaannya
Bacaan Hauqalah dan Keutamaannya
Memang demikian adanya, tidak sedikit orang yang hanya mengucapkan kata-kata itu saja tanpa tahu kegunaannya atau landasan mengapa sebuah kalimat harus sering dibaca. Tentu saja, sekarang lah saatnya bagi kita mempelajari ini.

Hauqalah ini maknanya menerima dan mengakui kelemahan dan kebodohan diri akan semua hal yang ada di hadapan dan di belakang. Bahkan kita pun merasa tidak tahu apa-apa dan tidak bisa apa-apa kecuali hanya mengharapkan bantuan dan pertolongan dari Allah SWT.

Lantas Hauqalah ini kapan harus kita baca? Dalam beberapa riwayat ada penjelasan bahwa bacaan ini bisa anda baca saat menjawab adzan, seusai shalat, pada waktu siang hari, saat keluar rumah, dan kapan saja anda memilii kesempatan membacanya.

Imam Nawawi menunjukkan bahwa bacaan Hauqalah ini boleh dibaca di waktu-waktu yang anda miliki. Karena bacaan ini sesungguhnya tidak dibatasi waktu dan anda mesti memperbanyak bacaannya.

Lalu apa yang menjadi dalil diharuskannya memperbanyak bacaan Hauqalah ini? Untuk memperkuat landasan ilmiahnya anda perlu mengamalkan sanda Rasulullah SAW yang disampaikan kepada Abu Hurairah berikut ini:

أن النبي قال: أكثروا من قول: لا حول ولا قوة إلا بالله. فإنها كنز من كنوز الجنة


Dalam kacamata iman tentu saja anda sangat perlu meyakini sesuatu hal yang sangat istimewa seperti yang disampaikan Rasulullah saw.. Siapa saja yang membacanya akan mendapatkan kebahagiaan di akhirat nanti.

Lantas, apa manfaat duniawi dari bacaan ini? Sungguh semua ajaran agama akan ada dampak baik yang dirasakan saat in.i. Seperti semua amalan agama termasuk dzikir dampak yang isa dirasakan adalah ketenangan hati. Ini mahal, semua orang menginginkan dan mencarinya serta berupaya untuk mendapatkannya.

Ada cerita menarik mengenai bacaan ini yang bisa ditemukan dalam banyak tulisan. Anda mesti mengamalkan bacaan ini. Seperti yang disampaikan Rasulullah bahwa anda mesti membacanya dalam jumlah yang banya dan tentu saja dengan penuh penghayatan.
Bacaan Hauqalah dan Keutamaannya - Bagian Pertama
Bacaan Hauqalah dan Keutamaannya - Bagian Pertama - written by Wita Saida , published at Desember 25, 2017, categorized as Doa Mutlaq
Comment disabled
Copyright ©2013 Sarip Hidayat by
Theme designed by Damzaky - Published by BLOG MR.W
Powered by Blogger