Penerapan Teknologi dan Inovasi untuk Kesejahteraan Petani dan Kedaulatan Pangan

Penerapan Teknologi dan Inovasi untuk Kesejahteraan Petani dan Kedaulatan Pangan menarik untuk dibahas dalam catatan ini. Setidaknya penulis memiliki konsentrasi tinggi akan issues ini. Sebagai praktisi pertanian dan perkebunana tentunya ini sangat menarik.

Penerapan teknologi dalam bidang pertanian telah dilakukan dari dulu hingga kini. Orang ingin pekerjaan yang dilakukannya serba praktis dan hasilnya bagus. Berbagai alat pertanian canggih telah siap dioperasikan.

Penerapan Teknologi dan Inovasi untuk Kesejahteraan Petani dan Kedaulatan Pangan
Sarip Hidayat Sang Petani
Teknologi pertanian menuntut inovasi terus menerus dan berkelanjutan. Kabar baiknya kini inovasi itu terus berlangsung bahkan semakin intensive. Sedang dikembangkan varietas benih yang adaptif terhadap naungan, perubahan iklim dan cuaca, dan banyak lagi.

Orang yang menggeluti bidang pertanian di Indonesia dinilai kwalitas SDMnya masih rendah. Dengan adanya lembaga pendidikan yang menyelenggarakan inovasi dalam bidang pertanian baik soal interpreneurship, robotic agricuture, padi amvibi, tebu amvibi, dan banyak lagi yang lainnya.

Inovasi di bidang pertanian juga menyentuh soal lahan non irigasi. Makanya kini dikembangkan varietas yang adaftif terhadap masalah ini. Tekologi pertanian untuk lahan seperti ini mutlak diperlukan karena berkaitan dengan intensifikasi dan ekstensifikasi pertanian.

Untuk menggaet generasi millenial zaman now agar mencintai dunia pertanian perlu kiranya pola penyuluhan berbasi internet dan penggunaan komputer dalam bidang pertanian. Petani keren dan berilmu akan lebih menarik bagi mereka.

Sekian dulu catatannya.

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.