Tentukan Pilihan Anda, Asuransi Syariah atau Asuransi Konvensional?

Apakah anda membutuhkan perlindungan asuransi yang lebih maslahat? Anda mesti memilih Asuransi syariah. para pakar asuransi banyak memprediksikan bahwa konsep ini akan lebih menarik dan menjadi pilihan ke depan karena sejumlah keistimewaannya.

Asuransi ini terbuka untuk umum. Jadi bukan hanya muslim saja yang bisa menggunakannya. Bahkan banyak kalangan non-muslim yang lebih memilih produk-produk asuransi syariah.

Baca juga:
Penerapan Teknologi dan Inovasi untuk Kesejahteraan Petani dan Kedaulatan Pangan

Tentukan Pilihan Anda, Asuransi Syariah atau Asuransi Konvensional?
Sarip Hidayat Belajar Soal Asuransi
Berikut ini beberapa hal yang bisa menjadi pertimbangan anda saat mencari informasi tentang asuransi syariah:

Asuransi Syariah punya konsep tolong menolong

Konsepnya memang berdasarkan saling tolong menolong atau diistilahkan dengan tabarru. Jadi anda yang menjadi peserta sebuah produk asuransi syariah ketika mendaftar telah berpartisifasi menolong orang lain yang sedang terkena musibah tanpa mengurangi sama sekali hak anda.

Dengan adanya konsep ini anda tidak perlu khawair dana yang anda investasikan akan hilang. Karena keuntungan dan resiko saat anda menjadi pesertanya akan dibagi merata. Karena konsepnya syariah maka pihak manajemen bukan menjadi penanggung namun sebagai pengelola.

Memakai konsep risk sharing

Konsep ini berkaitan dengan bagian pertama di atas. Inilah yang membedakannya dengan perusahaan asuransi konvensional yang lebih berorientasi bisnis. Dalam konsep syariah justru resiko ditanggung bersama antar peserta.

Selanjutnya perusahaan asuransi syariah bisa saja mengalami kebangkrutan bila klaim yang dilayangkan tidak sebanding dengan dana tabarru yang masuk. Dengan demikian maka resikonya ditanggung bersama.

Konsep dana titipan (wadiah)

Konsep ini sangat bagus dan so brilliant. Anda tidak perlu risau dengan adanya kabar dana hangus saat anda tidak membayarkan dana tabarru saat menjadi peserta. Karena uang hangus itu tidak ada dalam asuransi syariah.

Dana yang anda masukkan ke perusahaan sifatnya sebagai dana titipan. Menariknya anda bisa mengambil dana titipan tersebut karena telah dipisahkan dengan dana-dana lain yang tidak mengganggu dana titipan itu.

Lebih transparan

Pengelolaan asuransi syariah lebih transparan itu sudah pasti. Agama tentu menyuruh kepada kebaikan. Salah satu sifat kebaikan adalah transparan karena tidak ada yang perlu ditutp-tutupi dalam pengelolaan dana-dana itu.

Dalam konsep asuransi syariah kekaburan dalam alokasi dana itu tidak ada. Karena sejak awal telah dijelaskan berapa dana tabarru, berapa dana untuk polis, dan berapa yang dialkokasikan untuk pengelola.

Tidak ada riba atau larangan lain

Ini sangat jelas. Bahakan kemunculan asuransi syariah salah satu tjuannya adalah menghapuskan sistem riba dalam praktek asuransi konvensional. Karena sudah sangat jelas bahwa sistem asuransi konvensional sama sekali merugikan secara global.

Diawasi Dewan Pengawas Syariah untuk menjamin transaksi sesuai prinsip syariah

Ini sangat penting. Agar praktek dan pengelolaan asuransi tidak melenceng dari konsep syariah tentu saja sangat penting adanya sebuah lembaga pengawas yang menegur dan meluruskan praktek atau bahkan konsep yang salah dari sebuah lembaga atau perusahaan asuransi syariah.

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.