Penjelasan Singkat Istilah "All Risks" Dalam Asuransi

All Risks ini adalah istilah populer dalam bidang asuransi. Kata ini bisa diartikan bahwa semua dijamin atau diperbolehkan selama tidaka ada pengecualian.

Dalam sayariah Islam disebutkan bahwa dalam aspek muamalah sangat cair. Sebagaimana dalam kaidah bahwa aspek muamalah (pergaulan) asalnya dperbolehkan selama tidak ada dalil yang melarang.

Baca juga:
3 Komponen Yang Membuat Anda Dikatakan Sehat

Penjelasan Singkat Istilah "All Risks" Dalam Asuransi
Penjelasan Singkat Istilah "All Risks" Dalam Asuransi
Berbeda dengan aspek aqidah atau ibadah murni. Aspek ini tidak bisa tidak harus berdasarkan dalil. Maka kaidahnya kebalikan dari kaidah muamalah.

Dalam ibadah yang maka pada dasarnya diharamkan kecuali ada dalil yang mewajibkannya. Maka anda tidak boleh mereka-reka membuat-buat bentuk-bentuk ibadah.

Karena asuransi ini adalah bagian dari muamalah maka anda mesti merujuk daftar pengecualian yang membuat perkara ini tidak boleh anda lakukan.

Maka Dengan demikian anda akan mengetahui bahwa dalam islam istilah All Risks ini dibatasi dengan keterangan-keterangan dalil yang membatasi keumuman jaminan.

Anda mengetahui bahwa dalam ajaran Islam daftar pengecualian itu tidak pajang. Jadi yang boleh dan halal lebih banyak dan lebih luas dari pada yang diharamkan atau tidak diperbolehkan.

Maka dalam asuransi syariah anda akan mengetahui bahwa jaminan atau yang diperbolehkan sangat luas. Sedangkan yang tidak diperbolehkan hanyalah semacam gharar, maisir, dan riba.

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.