Doa Menghadapi Kesulitan Hidup

Bagaiamana pun sulitnya hidup anda masih dinili ringan kalau masi ada iman dalam hati. Karena kadar iman lebih berat dari kesulitan apapun. Bahkan iman akan menghilangkan kesulitan hidup anda.

Dengan bekal iman maka anda berdoa kepada Allah yang maha kuasa. Saat ada dalam musibah dan bencana anda akan merasa tenang bersamaNya karena anda yakin Ia tidak akan menyia-nyiakan keimanan anda.


Doa Menghadapi Kesulitan Hidup
Rasulullah SAW mengajarkan sebuah doa saat anda dalam keadaan hidup yang sulit. Mari kita membaca doa yang hebat ini:

بِسْمِ اللَّهِ عَلَى نَفْسِي وَمَالِي وَدِينِي اللَّهُمَّ رَضِّنِي بِقَضَائِكَ وَبَارِكْ لِي فِي قَدَرِكَ حَتَّى لا أُحِبَّ تَعْجِيلَ مَا أَخَّرْتَ وَلا تَأْخِيرَ مَا عَجَّلْتَ

Artinya:

Dengan menyebut nama Allah, atas jiwaku, hartaku, dan agamaku. Ya Allah jadikanlah aku ridha menerima semua qadhaMu dan berkahilah aku dalam semua yang telah Engkau tetapkan untukku, sehingga aku tidak suka memohon disegerakan perkara yang Engkau tangguhkan dan tidak suka memohon ditangguhkan perkara yang Engkau segerakan.

Doa ini berdasarkan hadits yang diriwayatkan oleh Ibn Umar. Saat itu Nabi Muhammad SAW bersabda: "Adakah sesuatu yang menghalangi seseorang yang sedang mendapatkan kesulitan hidup untuk membaca ...." Kemudian Rasulullah membacakan doa tersebut.

Demikian salah satu doa yang bisa anda baca saat ingin menghilangkan kesulitan hidup anda. Semoga Allah mengabulkan doa anda dan anda berada dalam keadaan iman yang kuat dan hati yang lapang. Amin...