Inilah Orang-Orang Terkenal di Langit

Mengapa orang-orang ini terkenal di langit? Karena Allah yang selalu menyebut-nyebut dan membanggakan mereka kepada penghuni langit.

Siapakah Orang-Orang Terkenal di Langit ini? Banyak sekali orangnya. Salah satu golongan di antara mereka adalah orang-orang yang berdzikir dalam majlis ilmu dan dzikir.

Baca juga:
Doa Syukur Paling Lengkap Untuk Kekayaan dan Derajat yang Tinggi

Adakah keterangan yang membahas tentangnya?

Tentu saja ada dan banyak. Para ulama termasuk Imam Nawawai Ad-Dimasyqi mencatatnya pula dalam kitabnya yang monumental dan populer yang dinamainya kitab Al-Adzkar.

Anda mesti membaca kitab ini karena begitu banyak faedah yang bisa anda ambil terutama dalam hal dzikir-dzikir harian.

Rasulullah saw pernah melewati para sahabatnya yang berkumpul dan berdzikir. Rasulullah SAW begitu kagum dan bangga dengan apa yang mereka lakukan tersebut. Ekspresi Rasulullah saw yang menampakkan rasa bahagianya ada dalam pertanyaan yang ia sampaikan saat itu.

ما أجْلَسَكُم
"Apa yang membuat kalian duduk-duduk di sini?"

Para sahabat menjawab:

جلسنا نذكُر اللّه تعالى ونحمَدُه على ما هدانا للإسلام ومنّ به علينا

Kami duduk di sini untuk mengingat dan memuji Allah atas petunjuk Isla kepada kami dan menganugerahkannya

آللّه ما أجْلَسَكُمْ إلا ذَاكَ‏؟‏ 

Ya Allah, benarkah tidak ada yang membuat kalian seperti ini kecuali hal itu?

واللَّهِ، ما أجلسنا إلاّ ذاك

Demi Allah, tidak ada yang membuat kami seperti ini kecuali hal itu

Rasulullah saw bersabda:

أما إني لَمْ أستحلِفكُمْ تُهمةً لكُمْ، 

ولَكنَّهُ أتاني جبْرِيلُ 

فأخْبَرَنِي أنَّ اللّه تعالى يُباهي بكُمُ المَلائكَةَ

Sesungguhnya aku tidak menyumpahi kalian karena henda menuduh dusta kepada kalian. Namun telah datang Jibril kepadaku, kemudian Ia mengabarkan bahwa Allah membanggakan kalian di hadapan para Malaikat.

Inilah salah satu keterangan yang membangkitkan semangat dalam berdzikir kepada Allah SWT. Dan ada beberapa catatan kami terhadap hadits ini. Tentu saja bukan tafsir karena kami bukan ahlinya. Bisa dibilang ini adalah kesan kami terhadapnya.

Pelajaran dari Hadits

Hadits ini memberikan kesan yang mendalam bagi penulis. Semoga ini bisa juga memperkuat anda dan memotivasi anda untuk berdzikir. Tentu saja anda dan semua yang pembaca akan memiliki kesan yang berbeda.

  • Terkenal di bumi mungkin suatu anugerah. Namun begitu kadang kala menjadi beban dan memasung kebebasan. Seseorang yang populer mesti hidup berdasarkan citra masyarakat yang mengidolakannya. Ia hidup seperti bukan pada semestinya.
  • Berbeda dengan yang terkenal di langit tentu saja jaminan pasti ia akan bahagia. Dan hebatnya Allah akan membuat penduduk bumi mencintai orang yang dicintainya.
  • Dengan berdzikir seseorang akan merasakan kenikmatan dan ketenangan hati. Kesyahduan hati karena bunga-bunga cinta sudah mulai merekah. Dan Allah sejurus kemudian membangkitkan semangatnya untuk menebar manfaat di muka bumi.
Tentu banyak yang ingin dituliskan, namun agar anda tidak bosa silahkan membaca artikel lain di sini. Semoga ada secercah kebaikan yang bisa dibagi dengan kerabat dan saudara, kolega dan sahabat, atau bahkan dengan orang yang belum anda kenal sebelumnya.