Inilah Orang Ikhlas Itu

Orang ikhlas adalah orang yang keadaannya akan tetap sama baiknya saat ia sendiri atau di keramaian. Keramaian tidak membuatnya menampilkan suatu hal yang lebih baik. Di kala sendiri pun ia mengerjakan kebaikan yang nilainya sama.

Sedangkan orang yang tidak ikhlas adalah orang yang sikapnya akan berbeda antara saat sepi tidak ada orang dan saat ia berada dalam keramaian. Sikapnya cenderung ambivalen dan tampak bermuka dua. Ia seperti menampilkan dua peran atau bagaikan orang yang memiliki kepribadian ganda.

Baca juga:
Doa dan Dakwah

Inilah Orang Ikhlas Itu
Doakan Agar Penulis Termasuk Mukhlisin
Penulis sendiri merasakan ada saja dorongan untuk berlaku seperti itu. Wajah alim di muka umum terkadang berubah sama sekali saat tidak ada orang yang menyaksikan. Mengapa berbuat seperti itu? Penulis menganggapnya sebagai ujian.

Menurut hemat kami Orang ikhlas ini energinya besar dan positif. Mengapa demikian? Karena orang jenis ini energinya fokus tertuju pada satu saja. Yang ditujunya adalah keridoan Tuhannya. Makanya ia tidak peduli orang mau bilang apa.

Sedangkan orang yang tidak tulus ikhlas energinya akan terkuras habis. Kalah sebelum bertanding. Mengapa? Karena sejak awal ia hanya mengurusi pandangan orang kepadanya. Perhatiannya terbagi dan tenaganya terkuras habis.

Dalam tataran praktis, orang ikhlas lama-lama akan dinilai sangat bermanfaat meskipun ia tidak meminta untuk diakui. Sedangkan orang yang tidak ikhlas lama-lama akan tersingkir meskipun dengan segala cara berupaya mendapatkan kepercayaan orang.

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.