Orang Berpendidikan, Kembalilah ke Desa!

Orang Berpendidikan, Kembalilah ke Desa! Demikianlah himbauan ini disampaikan banyak tetua kita. Megapa demikian? Karena di desa sagat membutuhkan orang yang mengayomi dan mampu menerjemahkan kemajuan teknologi pertanian kepada para petani.

Kalkulasi. Itulah kata yang bisa jadi sangat penting. Meskipun kalangan petani tidak mampu memahaminya namun kehidupan mereka tidak terlepas dari kata kalkulasi. Hanya saja pemikiran mereka akan dipertajam oleh analisis hebat dari orang-orang berpendidikan.

Baca juga Bisnis Cepat Tumbuh Pesat dengan Kerja Tim

Analisis harga pangan. Ini bagian yang tidak kalah penting. Para petani sering hanya menanam karena alasan tetangganya menanam tanaman tertentu dan mendapatkan hasil ratusan juta. Saat kemudian jadi menanam ternyata hasil panen harganya jatuh sekali.

Perencanaan keungan. Sering kali terjadi para petani tidak tepat dalam menggunkan modal usahanya. Dan saat asil panen melimpah ia menggunakan uangnya dalam hal yang tidak tepat. Sehingga untuk mendapatkan modal berikutnya ia malah mesti berhutang.

Prakiraan cuaca. Perubahan iklim sering tidak dipahami para petani. Pihak yang berwenang pun sering kali kurang sosialisasi akan hal ini. Potensi datangnya hama berkaitan dengan prakiraan cuaca sangat penting untuk disosialisasikan.

Selanjutnya di desa itu bukan hanya bertani. Bidang-bidang lain pun tentu saja sangat membutuhkan arahan dan bimbingsn dsri rsng-orsng ysng berpendidiksn. Bagaimana agar pembangunan tidak hanya ada di kota namun dari desa pun pembangunan bisa dijalankan.

Termasuk yang tidak kalah penting adalah ketersediaan guru-guru yang berpendidikan tinggi serta mempunyai kwalifikasi sebagai pendidik yang dalam ilmu dan kaya pengalaman. Desa sangat memerlukannya. Beruntung sekali sekarang ada sistem zonasi saat mendaftar ke sebuah sekolah.

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.