Doa Waktu Hujan Lebat Agar Berkah

Doa waktu hujan turun termasuk yang cepat dikabulkan, begitu keterangan sebagian ulama. Bahkan dalam bukunya Salim A. Fillah dengan judul Lapis-Lapis Keberkahan ada pembahasan panjang tentang ini. Baca juga Doa Untuk Pengantin Sesuai Sunnah.

Hujan secara umum adalah kasih sayang dari Allah SWT. Dengannya Allah menunjukkan keagungannya. Bumi yang mati menjadi hidup kembali sementara tumbuhan dan hewan yang dahaga kembali segar.

Doa Waktu Hujan Lebat Agar Berkah
Sumber: Mawdoo3
Sudah menjadi tabiat manusia yang sering tidak konsisten dan suka tidak bia mengendalikan diri ada saja tingkahnya. Bila dilanda kekeringan ia gelisah dan minta segera turun hujan. Namun saat hujan dirasa membahayakan serta merta ia pun berteriak meminta dihentikan seketika.

Namun demikian, Islam yang diridoi Allah ini mengjarkan cara yang paling baik saat memohon hujan dihentikan ketika melihat hal tersebut akan membahayakan. Pada zaman Rasulullah SAW pernah terjadi dialog yang berkaitan dengan hal ini.

Rasulullah saw. mengajarkan doa berikut ini:

اللَّهُمَّ حَوَالَيْنَا وَلاَ عَلَيْنَا ، اللَّهُمَّ عَلَى الآكَامِ وَالظِّرَابِ وَبُطُونِ الأَوْدِيَةِ وَمَنَابِتِ الشَّجَرِ
“Ya Allah, turunkanlah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turukanlah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah dan tempat tumbuhnya pepohonan”
Setelah itu, hujan pun berhenti. Kami pun berjalan di bawah terik matahari. Syarik mengatakan bahwa beliau bertanya pada Anas bin Malik, “Apakah laki-laki yang kedua yang bertanya sama dengan laki-laki yang pertama tadi?” Anas menjawab, “Aku tidak tahu.” (HR. Bukhari no. 1014 dan Muslim no. 897)

Demikianlah Doa Waktu Hujan Lebat Agar Berkah. Semoga hujan yang turun menjadi keberkahan yang menyuburkan tanah dan menghidupkan bumi ini. Alangkah indahnya bila setelah hujan turun bunga-bunga kembali mekar penuh warna.