Doa Untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal

by Wita Saida , at Juli 18, 2017
Doa Untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal merupaka doa yang sangat bagus. Sobat yang melakukannya dinyatakan sebagai anak soleh. Baca juga Doa Untuk Orang Sakit Sesuai Sunnah.

Sobat semua, boleh menggunakan doa yang umum dipakai. Misalnya doa berikut ini:

للَّهُمَّ اغْفِرْ لَهُ وَارْحَمْهُ وَعَافِهِ وَاعْفُ عَنْهُ
وَأَكْرِمْ نُزُلَهُ وَوَسِّعْ مُدْخَلَهُ وَاغْسِلْهُ بِالْمَاءِ وَالثَّلْجِ وَالْبَرَدِ
وَنَقِّهِ مِنْ الْخَطَايَا كَمَا نَقَّيْتَ الثَّوْبَ الْأَبْيَضَ مِنْ الدَّنَسِ
وَأَبْدِلْهُ دَارًا خَيْرًا مِنْ دَارِهِ وَأَهْلًا خَيْرًا مِنْ أَهْلِهِ وَزَوْجًا خَيْرًا مِنْ زَوْجِهِ
وَأَدْخِلْهُ الْجَنَّةَ وَأَعِذْهُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ أَوْ مِنْ عَذَابِ النَّارِ

Sumber: Mawdoo3
Doa tersebut sangat indah baik dari susunan kata-katanya maupun isinya. Bahkan 'Auf bin Malik yang meriwayatkan doa ini sangat ingin menjadi mayatnya karena saking hebatnya doa Nabi ini. Anda juga bisa menggunakannya untuk mendoakan ayah anda. Dan bila anda akan mendoakan ibu anda maka gantilah dhamir dengan perempuan. Dan bila ingin mendoakan keduanya maka anda mesti menggunakan dhamir mutsanna.

Selanjutnya, sebagai seorang anak yang berbakti kepada orang tuanya anda juga boleh menggunakan doa yang tercantum dalam surat Al-Isra berikut ini:

رَّبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا

Doa ini ada pada ayat ke 24 surat tersebut. Betapa hebatnya kasih saya kedua orang tua anda dan anda tidak akan sanggup membalasnya. Lihatlah saat mereka mengurus adik-adik anda. Bukankah anda melihatnya dengan kedua mata kepala anda. Perhatikan saja bagaimana isteri dan anda sendiri saat berada jauh dari rumah menyimpan sesuatu, baik makanan atau benda, dan anda tidak berani memakannya, hanya karena ingat sama si kecil di rumah.

Baca juga doanya Nabi Nuh berikut ini:

رَّبِّ اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِمَن دَخَلَ بَيْتِيَ مُؤْمِنًا وَلِلْمُؤْمِنِينَ وَالْمُؤْمِنَاتِ وَلَا تَزِدِ الظَّالِمِينَ إِلَّا تَبَارًا

Doa tersebut lebih luas cakupannya. Doa ini termasuk yang dikabulkan Allah karena isinya adalah mendoakan orang lain tanpa sepengetahuannya. Jadi jangan anda lewatkan doa ini karena saking besarnya faedah yang terkandung di dalamnya.

Sobat semua yang masih belum cukup boleh berdoa dengan doanya Nabi Ibrahim seperti ini:

رَبَّنَا اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِينَ يَوْمَ يَقُومُ الْحِسَابُ

Doa tersebut ada dalam Surah Ibrahim ayat ke 41. Bila anda mau membayangkan prahara akhirat apalagi saat akan ditegakkan hisab atas diri dan amal-amal anda tentu saja sangat mengerikan. Karena jangankan anda bahkan para nabi pun keadaannya sama saja dengan anda. Mereka orang-orang yang dimuliakan dan dipilih Allah karena ketulusan hati mereka. Sedangkan anda bagaimana?

Lalu datang lah keterangan bahwa nanti ada orang-orang yang akan masuk sorga tanpa melewati mizan  dan hisab. Bagaimana ini? Bla ingin mendapatkannya berarti sobat semua mesti melakukan hal yang sama dengan mereka.

Dan dalam cerita yang sampai kepada kita menyatakan bahwa kala itu tidak ada naungan kecuali naungan Arsy Allah SWT. Dan tidak ada yang dapat naungan kecuali yang dinaungi Allah yaitu 7 golongan. Jangan kan bernanung berbicara pun tidak diizinkan kecuali bila Allah yang mengizinkannya.

Setiap orang sibuk dengan dirinya sendiri. Ia malu dan takut kepada Allah dan saat itu kerajaan hanya milik Allah. Raja-raja dunia tidak berdaya dan yang maha kuasa membuktikan kekuatan dan kekuasaannya.

Siapa yang mampu memberikan syafa'at kala itu? Tidak lain hanyalah Allah SWT. Lantas adakah yang lain yang bisa membantu anda. Bukankah anda ingin menyelamatkan yang anda kasihi. Sayang sekali anda lebih mencintai diri anda sendiri dari pada yang lain.

Namun jangan putus asa, masih ada harapan untuk anda melakukannya. Yaitu dengan berdoa seperti doa Nabi Ibrahim di atas. Bayangkan saja, saat hujan deras tiba-tiba ada yang memberikan payung kepada anda tanpa anda kenal siapa dia. Bukankah anda senang sekali saat itu dan segera mengucapkan alfa syukran alias beribu terima kasih.

Bagaimana dengan akhirat yang saat itu begitu membara. Tiba-tiba anda dinaungi oleh doa yang dibacakan oleh anda sendiri. Lantas bagaimana bila anda tiba-tiba masuk sorga dan tidak ditanya-tanyai amal-amal anda. Tentu saja bukan hanya lantunan istighfar yang tanpa makna. Namun amal keseharian anda mesti sejalan dengan doa anda.

Demikianlah ulasan Doa Untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal. Maafkan bila raiannya begitu panjang. Tidak lain karena betapa pentingnya doa ini. Tentu saja anda tidak berani membayangkan bila ibu anda dibakar sedangkan ia yang sangat menyayangi anda. Mana baktimu padanya sesuai yang diperintahkan Allah padamu?
Doa Untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal
Doa Untuk Orang Tua yang Sudah Meninggal - written by Wita Saida , published at Juli 18, 2017, categorized as Special
Comment disabled
Copyright ©2013 Sarip Hidayat by
Theme designed by Damzaky - Published by BLOG MR.W
Powered by Blogger