Apa yang Mesti Dilakukan Sehabis Ramadhan?

by Wita Saida , at Juli 13, 2017
Apa yang Mesti Dilakukan Sehabis Ramadhan? Pertanyaan ini mestinya mengusik kita semua. Karena setelah selesai kita melaksanaknnya ternyata hidup masih berlanjut. Baca juga Anda Ingin Sukses Bertani? Bacalah Istighfar

Dalam kesempatan ini kami mencatat sebuah orasi mengenai hal ini seperti tertulis berikut ini:

Hadirin yang berbahagia, setelah kita melaksanakan ibadah puasa di Bulan Ramadhan banyak amal yang mesti kita pertahankan agar kwalitasnya tetap baik.

Semangat thalabul ilmi, sebagaiman yang terjadi pada saat bulan suci Ramadhan. Kita semua begitu antusias menyimak penjelasan para ulama. Begitulihah sikap kita seharusnya terhadap ilmu. Kaidah umum dalam hal ini menyatakan ilmu qabla amal, bahwa ilmu selalu berada di bagian pertama sebelum beramal. Dalam hal puasa Ramadhan Allah SWT menyatakan: Dan berpuasa lebih baik bagimu apabila kamu mengetahui.

Semangat untuk menjaga keihlasan dan kesabaran. Ibadah ini mampu mengasah sikap ihsan kita dalam beragama. Begitu pula dengan kesabaran. Dan termasuk bagian dari ikhlasdan sabar  adalah semangat mencari pahala. Maka shalat malamnya, puasa di siang harinya, sedekahnya, bekerjanya, dan setiap amal mesti terjaga keihlasannya.

Semangat untuk meninggikan peradaban Islam. Tahapan dan caranya adalah dengan selalu mengupayakan semua sisi kehidupan terisi dengan nilai-nilai Islam. Maka Islam sangat menganjurkan penguasaan ilmu dan teknologi. Yang terjadi dalam dunia Islam adalah islamisasi ilmu bukan sekularisasi ilmu, begitu pun dalam bidang ekonomi, social politik, hokum, dan kebudayaan.


Tentu saja tidak akan habis seharian membicarakan hikmah-hikmah Ramadhan. Luasnya pembahasan seluas ilmu islam itu sendiri. Mulai dari persoalan ibadah dan muamalah. Kini Ramadhan telah berlalu yang ada adalah upaya kita untuk beramal dengan kwalitas yang baik dan berupaya selalu mendasari semua amal dengan ilmunya.
Apa yang Mesti Dilakukan Sehabis Ramadhan?
Apa yang Mesti Dilakukan Sehabis Ramadhan? - written by Wita Saida , published at Juli 13, 2017, categorized as Agenda
Comment disabled
Copyright ©2013 Sarip Hidayat by
Theme designed by Damzaky - Published by BLOG MR.W
Powered by Blogger