7 Tempat Papajar di Cianjur Yang Wajib Anda Kunjungi

Sebelum bulan Puasa (Ramadhan) menjelang, di kawasan Cianjur selatan ada tradisi yang disebut papajar. Bila dibahasakan dengan bahasa kirata (dikira-kira supaya jadi nyata / disambung-sambungkan) istilah ini dinmai dengan mapag pajar atau menyambut fajar yang pastinya fajar shubuh Ramadhan sebagai awal waktu berpuasa.

Tradisi Papajar ini masih ada kaitannya dengan tradisi munggahan. Secara psikologis kolektif kemasyarakatan tradisi ini merupakan ungkapan rasa syukur yang meluap hingga sangat terlihat nyata adanya. Biasanya orang-orang akan pergi membawa anggota keluarganya menuju tempat-tempat wisata. Setelah itu mereka membuka bekal makanan yang sudah dipersiapkannya dari rumah.

Penulis sedang berada di Menara Pantai Jayanti
Bila anda hendak menuju ke Cianjur untuk Papajar, ada baiknya anda mencoba ke sejumlah objek wisata yang dikembangkan di Kabupaten Cianjur. Seperti yang dikutif dalam laman Harian Pikiran Rakyat (Selasa, 24/5/2017) dengan tema Cianjur Kembangkan Tujuh Obwis Berintegrasi.

Seperti yang nyata di setiap kawasan selalu ada tempat indah yang menjadi tempat wisata. Terlepas dari segala hal yang melingkupi sejumlah objek wisata seperti masalah kebersihan dan keamanan, anda masih bisa mengambil manfaat dari semuanya itu.

Cianjur tengah mengembangkan 7 Objek Wisata Terintegrasi. Anda bisa mengunjungi salah satunya atau semuanya. Di antara yang sedang diutamakan pengembangannya antara lain Kawasan Wisata Gunung Padang.

Gunung Padang sudah dikenal dengan objek wisata edukasi selama ini. Di sini terdapat peninggalan kehidupan purba sejak ribuan tahun yang lalu. Disinyalir kehidupan manusia beradab pernah ada di sini.

Selanjutnya ada Kawasan Wisata Religi Gunung Cikundul. Banyak hikayat yang menyebutkan hal-hal aneh dan mistis di sini. Termasuk yang populer adalah cerita para bupati Cianjur yang melakukan banyak perenungan di sini.

Selanjutnya ada Pantai Jayanti di Kecamatan Cidaun Cianjur. Dalam kunjungan Bupati belum lama ini telah ditinjau pula kawasan Ciwidig untuk dikembangkan sebagai kawasan wisata pantai yang mengusung tema halal tourism dengan gaya hala friendly.

Selanjutnya kawasan kota Cinajur sendiri nantinya dikembangkan sebagai kawasan wisata warisan. Tidak heran bila ini semua diwujudkan. Mengingat sangat kuatnya peran kota ini dalam kurun waktu yang lama dalam merekam sejarah perkembangan di Ciajur.

Selain itu Kawasan Puncak Cipanas masih menjadi yang paling populer. Maka dengan demikian adanya penataan kawasan ini mutlak diperlukan. Harian Pikiran Rakyat menyiarkan berita ini pada laman utama tertanggal 24 Mei 2017.

Kemudian ada lagi tempat wisata Kampung Budaya. Penulis belum mendapatkan kawasan mana pastinya yang akan dijadikan kampung budaya secara khusus sebagai tempat wisata. Semoga ini cepat diwujudkan.

Demikianlah ulasan singkat mengenai 7 Tempat Papajar di Cianjur Yang Wajib Anda Kunjungi. Sebaiknya anda pikir-pikir dulu sebelum berangkat. Lebih baik pilih tempat yang paling dekat dengan tempat tinggal anda dan perhitungkan segala resikonya.

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.