Tips Sukses Menanam Cabe Inul dengan Konsep Akidah Shahihah

Sahabat sekalian yang sangat saya hormati. Budidaya Cabe sedang digemari di kampung kami. Di antara varietas yang sedang naik daun adalah jenis cabe Inul. Saya juga tidak tahu nama ilmiah atau latinnya (kenapa yang ilmiah mesti Latin?).

Jenis Cabe Inul diminati karena tingkat kepedasannya yang bagus, harganya tinggi, dan umurnya lama. Bila bagus pengurusannya usia cabe jenis ini bisa sampai dua tahun dalam keadaan produktif.

Tips Sukses Menanam Cabe Inul dengan Konsep Akidah Shahihah
Hanya saja tidak semua orang sukses bertani Cabe. Banyak petani sukses bertanam kentang, melon, mentimun, dan yang lainnya namun gagal saat mencoba menanam Cabe. Setiap tanaman ada perlakuan khusus yang berbeda dengan tanaman lainnya.

Saya merenungi hal ini dan mengambil hikmah kehidupan dari hal ini. Saya mendengar dari para kyai bahwa yang mampu menanam semua tanaman dan menumbuhkan semua benih adalah Allah SWT. Adapun petani adalah orang yang menjalani upaya sesuai dengan izinNya saja.

Sebelum menanam selain harus berucap Basmalah  namun juga ucapan:
مَا شَاءَ اللهُ لاَ قُوَّةً إِلاَّ بِاللهِ
Sama halnya dengan akidah yang harus mengakar kuat maka penanaman Cabe pun harus mampu mendorong pertumbuhan akar yang kuat. Tumbuh kembangnya akar yag baik akan mendorong bagusnya batang, bnga, dan buah tumbuh berkembang dengan baik pula.

Agar akidah bisa tumbuh subur dan kuat maka ia harus dipupuk dengan ilmu dan amal. Begitu pula agar Cabe Inul tumbuh dengan baik maka Anda harus menyiapkan tandon yang baik berupa tanah yang subur dan pupuk yang tepat guna dan tepat sasaran sesuai dengan petunjuk pengolahan dan penggunaannya.

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.