Saat Keinginan Berhaji Semakin Kuat

Banyak yang telah dilakukan orang untuk bisa naik haji. Cerita dari mulut ke mulut bahkan sampai tertuang di dalam banyak buku mengabarkan semua itu memang terjadi. Meskipun harus mengarungi samudera berbulan-bulan, menembus padang sahara, berjalan bertahun-tahun pindah-pindah hingga mendekati baitullah.

Tentu saja berawal dai kisah Nabi Ibrahim. Ia diperintahkan pergi ke Makkah untuk menempatkan istri dan anak keturunannya di negeri nan tandus tidak berpohon dan tidak berair. Beliau datang dari kawasan Syam ke Makkah.

Baca juga Isra Mi'raj dan Haji, Sebuah Inspirasi yang Mendalam

Road to Mecca sebuah memoar yang ditulis apik nan mendalam oleh seorang muallaf yang cerdas. Beliau adalah Leopold Weiss yang berganti nama menjadi Muhammad Asad. Inspirasi dan pesona Islam begitu jelas mewarnai ide pokok buku mungil tersebut.

Selanjutnya novel asli pribumi Di Bawah Naungan Ka'bah pun bercerita pula tentang Kota Suci dan cinta suci. Banyak jalan orang didatangkan Allah ke Makkah Al-Mukarromah. Semua kisahnya unik seperti dua orang anggota kepolisian yang diundang Imam Masjid Al-Haram untuk berhaji.

Yang lain berbeda lagi. Ada yang nekad menempuh jalan tidak biasa. Mereka datang ke Baitullah dengan metode perjalanan backpacker. Tenu saja cara ini sangat berat dan beresiko tinggi. Namun untuk satu tujuan dan keinginan yang besar apapun akan dilakukan.

Di antara kawan kami ada yang menempuh jalur ketanagakerjaan. Mereka bekerja sebagai sarana untuk bisa berhaji. Seperti kami pernah mengajukan permohonan untuk diangkat sebagai tim pemandu haji daerah.

Begitulah sebagian cara-cara orang naik haji. Daftar ini hanya beberapa saja. Tentu saja yang membayar biaya sendiri sangat baik. Kalaupun tidak, banyak jalan menuju Makkah dan Madinah. Semoga saja anda, kita semua, dimampukan oleh Allah menjadi orang yang kaya dengan harta untuk digunakan ibadah kepada Allah SWT.

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.