Petani Melek Internet, Gerakan Baru Petani di Era Modern

Bertani adalah trend baru yang booming saat ini. Bukan hanya kalangan petani yang dari dulu telah melakukannya. Bahkan kalangan yang imagenya jauh dari basah-basahan dan kotor-otoran pun kini menngemari aktivitas bertani.


Berita yang santer dan sampai kepada kita adalah para selebritis dan sosialita yang hidupnya mewah dan biasanya sangat menjaga jarak dari yang namanya debu, kotor, dan ketidakhigienisan, kini tidak segan-segan lagi untuk mengolah tanah bahkan mengaduk tanah dengan kotoran.

Baca juga Bercermin Kepada Muhibbin Ath-Thabari

Petani Melek Internet, Gerakan Baru Petani di Era Modern
Sumber Gambar: Kaskus
Bertani di era modern sekarang sangat mudah. bahkan ini menjadi tren yang menggembirakan. Sebaiknya memang untuk mengeluti satu bidang harus sekolah karena setiap sisi kehidupan ada ilmunya, baik keuangan, bisnis, bertani, berdagang, dan seterusnya.

Namun Ilmu Tuhan itu luas dan tidak mesti harus duduk di bangku kuliah. Catatan ini sama sekali bukan mengecilkan arti perkuliahan. Ini hanya memberikan dorongan bagi yang ingin bertani tapi belum tahu ilmunya agar tetap belajar dari para ahlinya.

Salah satu tempat belajar yang mengasyikkan dan penting adalah Internet. Petani mesti melek internnet. Gejala yang sangat menggembirakan sekarang ini adalah para petani tidak gagap internet. Tidak heran bila di sebuah saung tanah ada yang berinternet, di tengah pematang sawah ada yang membuka laptop dan browsing.

Aktivitas ini sungguh sangat baik. Bila ada yang tidak beres dengan tanaman yang ditanam tinggal browsing cara penanggulangannya dan merawatnya. Bergabung dengan milist, grup, ataupun komunitas di inernet akan sangat menguntungkan.

SElebihnya banyak-banyak bergaul dan bertanya kepada para praktisi yang sudah bertani dari dahulu terutama para penyulud dan para ilmuwan di bidang pertanian. dari mereka, Anda bisa mendapatkan kuliah gratis yang padat ilmu.

Begitulah, seperti yang dilakukan ibu saya yang meminta untuk mencarikan cara pmenanggulangi hama wereng di sawah. Dan saat ulasan ini saya tulis sesungguhnya saya sangat terispirasi oleh ibu saya. Dan saya tuliskan kepada Anda bahwa betapa internet ini sangat menguntungkan bagi para petani bila bisa memaksimalkannya.

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.