Inilah 4 Tanda Orang Sesat, Yang Nomor 4 Paling Parah

Setiap kita memiliki musuh. Musuh terbesar kita adalah diri kita sendiri. Maka kita diajarkan untuk berlindung dari diri kita yang buruk. Potensi itu selalu ada. Terdengar selalu bisikan diri ini untuk melakukan kejahatan.


Halusnya bisikan setan terhadap diri anda hampir-hampir anda tiak mengetahuinya. Anda bagaikan orang mabuk. Tingkahnya aneh, suka berteriak, lemah, dan yang terparah ia menuduh mabuk kepada orang yang waras.

Inilah 4 Tanda Orang Sesat, Yang Nomor 4 Paling Parah
Nikmati saja kesehatan iman dengan banyak orang
Kesembuhan selalu ada untuk setiap penyakit. Tuhan telah menciptakn sistem yang canggih dalam diri kita. Ia sangat cepat mengetahui ada yang salah saat anda melakukan kesalahan. Dan ia cepat-cepat bereaksi untuk menutupinya.

Itu bila yang masih bersih kondisi hatinya. Namun bila hatinya sudah rusak maka yang terjadi adalah ketidakpekaan terhadap dosa appun yang dilakukannya. Bahkan ia menyangka bahwa dosa sebagai pahala dan amal ibadah adalah dari dirinya tanpa bantuan yang lain.

Ada beberapa hal tentang ini yang perlu diwaspadai.

Pertama suka membicarakan keburukan orang lain. Ingatlah sebuah wadah akan mengeluarkan isi yang sama dengan yang ada dalam wadah itu. Maka kalau isinya teh yang keluar adalah teh. Kalau orang suka menceritakan keburukan orang lain sesungguhnya ia adalah orang yang lebih buruk.

Kedua memandang diri lebih baik. Ini seperti orang mabuk atau orang gila. Orang mabuk tidak terima disebut mabuk malah menuduh orang lain yang menudhnya mabuk sebagai orang yang mabuk. Orang gila pun sama, malah ia beranggapan semua orang yang menuduhnya gila sebagai orang gila dan yang waras hanya dia sendiri.

Ketiga merendahkan orang lain. Bila anda melihat ada orang yang ibadah namun suka merendahkan orang lain maka ia adalah orang yang tertipu dengan dirinya. Ia tidak menyangka bahwa dirinya lebih buruk dari oran yang direndahkan.

Keempat membanggakan dirinya sendiri. Kebenaran hanya ada pada dirinya dan golongannya. Tidak ada yang salah dalam amaliah ibadahnya. Ia sering bila "ini jalan terbaik." Tidak ada celah bagi yang lain membela diri atau sekedar mengajukan keberatan.

Itulah beberapa hal yang sangat harus dijauhi. Jangan sampai ada perilaku ini ada pada anda. Karena bila demikian anda akan menjadi orang yang sangat memuakkan. Orang lain yang mendengarkan cerita anda tidak akan suka dengan tingkah ada yang kocak nan humorit itu.

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.