Bertani Cabe dengan Cara Manual Tanpa Modal Besar Tapi Sukses

Ini adalah pengalaman dari keluarga kami yang sudah puluhan tahun bergelut dalam bidang pertanian. Sesungguhnya artikel ini memberikan motivasi bagi anda yang akan menanm cabe tanpa modal besar.


Sudah banyak dibicarakan orang bahwa menanam cabe memerlukan modal besar. Untuk pengolahan tanah saja harus menyiapkan biaya yang tidak sedikit. Biasanya biaya ini akan terus berlanjut hingga ke biaya pemeliharaan seperti pemupukan dan pengendalian hama.

Menurut pengalaman yang sudah teruji selama ini, sesunggunya Anda tidak perlu khawatir dengan keterbatasan modal anda. Karena menanam cabe itu tanpa modal besar pun bisa dilakukan. Dan ini sudah dibuktikan oleh paman saya beberapa tahun yang lalu.

Biaya-biaya besar untuk pengolahan tanah yang sekarang harus digabungkan dengan pemupukan bisa dipangkas dan anda bisa menggunakan piupuk kandang yang biayanya jauh lebih murah. Kemudian penggunaan mulsa yang tidak bisa anda penuhi bisa menggunakan jerami.

Selanjutnya saat pemeliharaan anda tidak usah menggunakan obat-obatan yang mahal. Bila anda kreatif sejumlah buah-buahan dan daun-daun alami bisa digunakan sebagai pengendalian hama tanaman. 

Sebenarnya menanam cabe tidak sesulit yang dibayangkan. Banyak yang berhasil dan banyak yang gagal. Bila anda menyimak yang gagal maka anda akan kecut. Peliharalah semangat anda dengan mendengar cerita orang yang sukses. Biarlah dongeng kegagalan anda jadikan sebagai ilmu saja agar nanti terhindar dari padanya.

Selanjutnya anda tentu tidak bisa seperti itu terus. Jadikanlah penanam cabe perdana ini sebagai ml anda untuk bertani cabe berikutnya dalam sjkala yang lebih besar dan biaya yang lebih banyak lagi. Dalam hal ini anda perlu ada kemajuan.

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.