Wasiat Taqwa: Meningkatkan Kwalitas Amal

Saudaraku yang mengharap ridho Allah subhanahu wata'ala. Mari kita meningkatkan taqwa kita kepada Allah SWT. Karena hanyalah amalan orang yang bertaqwa yang akan diterima oleh Allah SWT. 

Di dalam Al-Qur'an termaktub, Innama yataqabbalallahu minal muttaqiin. Sesungguhnya Allah hanya menerima amal-amal orang yang bertaqwa. Peningkatan kwalitas amal harus dilakukan oleh kita semua. 

Allah SWT memberikan pengarahan bagaimana bagaiman doa orang-orang yang bertaqwa. Di antaranya adalah memohon kehidupan dunia dan akhirat yang terbaik. Kita sering kali berdoa, Rabbana aatinaa fiddunyaa hasanah, wafi-aakhirati hasanah, waqinaa 'adzaabannaar." 

Selanjutnya, Rasulullah SWT dalam banyak sabdanya memberikan contoh dan penjelasan tentang amalan-amalan utama yang meningkatkan kwalitas amal seorang muslim. Suatu saat Rasulullah SWT bersabda, "Idzaa sa-altumul-jannata fas-aluu al-firdausa al-a'la, fainnaha a'la darajaatil-jannati." 

Dalam sabdanya yang lain Rasulullah memberikan keterangan, "Sesungguhnya Allah menyukai, apabila salah seorang dari kalian semua beramal, melakukannya dengan tekun."

Maka dalam hal ini imam 'Ali karramallaahu wajhahu berkata, "Kuunuu liqabuulil 'amal asyaddahtimaaman minal-'amal"

Dalam rangka meningkatkan kwalitas amal kita ada hal penting yang harus dilakukan, yaitu melakukan muhasabah an-nafsi qabla al-'amal. Caranya adalah dengan mengajukan dua pertanyaan kepada diri masing-masing kita. Pertanyaan pertama adalah limaa fa'alta, dan yang kedua adalah kaifa fa'alta.

Sebagian hukama mengatakan, "Rubba 'amalin shaghiirin yukabbiruhi an-niyatu, Wa rubba amalain shagiirin yushagghiruhu an-niyatu."

Dan salah satu keutamaan Umat Muhammad SAW adalah diberikan pahala besar dan banyak untuk amalan ringan yang dilakukannya. Maka dalam hal ini Rasulullah SAW bersabda, "Laa tahqiranna minal-ma'ruufi syai-an."

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.