Pentingnya Cek Kesehatan Sebelum Ramadhan

Melakukan Ibadah harus pol. Tidak boleh ibadah dilakukan asal-asalan. Maka dengan demikian untuk melakukannya harus dipersiapkan dengan baik. Bila tidak hikmah-hikmah dalam ibadah tidak akan terasa.

Puasa Ramadan bukan perkara yang sepele. Ini tidak boleh dilewatkan begitu saja. Sikap kita terhadapnya adalah menyambutnya dengan penuh keikhlasan dan mengisi hari-harinya dengan penuh kesabaran.

What is The Meaning of Ramadhan Mubarak?

Pentingnya Cek Kesehatan Sebelum Ramadhan
Pentingnya Cek Kesehatan Sebelum Ramadhan

Urusan perut memang gampang-gampang susah. Ada yang gampang sekali mengatur dan mengendalikan syahwat perut ini. Ada juga yang sangat sulit untuk mengontrolnya hingga merembet ke mana-mana.

Yang dididik dalam puasa ini secara lahiriah adalah perut. Dan mefungsinya perut adalah mengolah makanan dan mencacahnya menjadi potongan-potongan kecil hingga halus. Kalau fungsinya sejenak dihentikan apa yang akan terjadi?

Tentunya kalau aktivitasnya terhenti meski untuk beberapa saat saja akan menimbulkan ketidaknyamanan. Lebih-lebih jadwal kerjanya menjadi berubah drastis. Pastinya perut akan protes bila demikian.

Agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan selama berpuasa Ramadan alangkah baiknya periksakan diri kita ke dokter yang ahli dalam bidang ini. Kita harus cek kesehatan kita. Bila bagus pertahankan dan bila buruk harus diperbaiki.

Vitalitas tubuh juga harus tetap terjaga. Upayakan tahan terhadap hari-hari panjang tanpa asupan makanan. Persiapkan sedari awal agar bisa beribadah puasa dengan hati yang tenang, kepala dingin, serta perut tidak keroncongan.

Semoga upaya ini bukan dimaksudkan mencari-cari jalan untuk menghindari perintah puasa Ramadan. Bahkan upaya ini digolongkan sebagai upaya maksimal kita dalam rangka mempersiapkan Ramadan dengan gaya hidup sehat yang memperkuat kekuatan syiar Islam.