Kata-Kata Setan untuk Yang Mau Kuliah

Memangnya setan pernah mengatakan apa kepada yang akan kuliah?

Saya juga tidak tahu.

Lantas dari mana anda tahu hal ini?

Yang saya tahu setan itu berbisik seperti itu tepat di jantung hatiku.


Setan itu pernah berkata:

"Untuk apa kuliah kalau nantinya nganggur juga."

Ini adalah perkataan yang mengelabui. Maklum dia itu kan sentiment kepada kita. Dia umurnya memang lebih tua dari kakek buyut kita. Jadi kemungkinan tahu catatan hitam dunia tentang orang-orang yang kuliah terus nganggur tenttu sangat banyak.

Tapi saya pikir dia itu makhluk sok tahu. Emang yang lain banyak. Tapi saya kan makhluk berbeda dengan mereka. Ramalan setan itu memang suka membuat orang jadi berhenti berharap. Setan itu saya yakini bukan Tuhan meskipun tanpa sadar sering menurutinya juga, tapi tetap setan bukan tuhan.

Jadi, karena dia buka siapa-siapa, bukan tuhan juga, lantas kenapa sok tahu masa depan orang. Kalau begitu jangan ikuti perkataannya. Jangan hentikan niat kuliah itu. Lagi pula tidak ada orang yang niat kuliah untuk menganggur.

Terus setan berkata apa lagi?

Ini dia"

"Buat apa kuliah kalau tetap miskin."

Memang terjadi bahwa orang yang diajarkan berbisnis dari awal bisa mengumpulkan banyak harta lebih banyak dari yang baru memulai. Dan yang kita tahu orang yang kuliah dulu baru berbisnis sudah kalah langkah selama minimal 4 tahun.

Saat orang yang tidak kuliah sudah punya banyak uang, punya mobil, punya rumah, dan punya istri, sementara yang kuliah masih bingung memikirkan biaya kuliah, belum punya rumah, tidak punya mobil istri apa lagi.

Ini jebakan, bukankah kalimat berikutnya lebih dahsyat. Apa itu? "Kalau kamu kuliah untuk mencari uang mengapa tidak segera mencari uang saja langsung dari pada harus berlama-lama kuliah. Kalau urusan ilmu tinggal tanyakan saja nanti."

Banyak sekali cara setan menghentikan langkah seseorang untuk melanjutkan kuliah. Hanya saja terbatas ruang di sini. Lagi pula saya rasa semua orang tahu. Alangkah baiknya sharing tentang bisikan dan jebakan setan di sini.

Kata-Kata Setan untuk Yang Mau Kuliah

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.