Hikmah Puasa Ramadhan: Meningkatkan Etos Kerja

Apa hikmah yang terjadi padamu setelah berpuasa? Rasanya setiap kita harus mencermati apa yang dilakukan selama berpuasa Ramadan. Adakah semprna syarat dan rukunnya. Sudahkan memenuhi hak-haknya dengan baik.

Di anatara sekian banyak hikmah berpuasa Ramadan adalah Meningkatkan Etos Kerja. Saya yakin kalau dirunut lebih dalam Islam mengajarkan ketekunana dalam pekerjaan baik. Kwalitasnya harus bagus dan diawali dengan etos.

Baca juga What is The Meaning of Ramadhan Mubarak?

Hikmah Puasa Ramadhan: Meningkatkan Etos Kerja
Hikmah Puasa Ramadhan

Spirit untuk bekerja dengan kwalitas tinggi merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari hikmah puasa. Puasa mengajarkan kesabaran sejati. Puasa mengajarkan ihsan yang mempersembahkan yang terbaik walaupun mata tidak melihat kepadaNya.

Maka dengan demikian kwalitas kerja akan dapat tercapai dengan disiplin tinggi seperti ini. Semangat bekerja artinya mampu fokus dalam bidang tugas yang diemban. Dalam puasa kita dididik untuk tidak makan dan minum sebelum matahari terbenam.

Dalam hal ini dapatlah kita meluruskan sikap orang yang hanya tidur seharian saat Ramadhan. Ia tidak banyak gerak, tidak bergaul, tidak berdagang, tidak mengajar, dan terlihat mengantuk dan tidur malas-malasan.

Sikap demikian tentu bukanlah yang diajarkan oleh Islam. Maka bila ada yang hanya malas-malasan itu bukan ajaran Islam. Sama sekali Islam tidak mengajarkan demikain. Bahkan sebaliknya semangat mengajarkan Islam harus semakin meningkat saat Ramadan.