Boleh Tidak Sahur Setelah Adzan Subuh Karena Ketiduran?

Menurut saya sahur setelah adzan Subuh dengan alasan apapun membatalkan puasa. Alasannya adalah karena fajar telah terbit. Adzan Subuh sendiri merupakan tanda bahwa fajar telah terbit atau sebaliknya fajar telah terbit hingga adzan Subuh bisa dikumandangkan.

Apa sebaiknya yang dilakukan oleh kaum muslimin agar jangan sampai melewatkan sahur? Tentu saja kita harus mengatur waktu kita. Tentu setiap orang mampu menakar kemampuan dirinya. Dan itu bisa disiasati sesuai keadaan masing-masing.

Baca juga What is The Meaning of Ramadhan Mubarak?

Boleh Tidak Sahur Setelah Adzan Subuh Karena Ketiduran
Boleh Tidak Sahur Setelah Adzan Subuh Karena Ketiduran

Dengan ini tidur lebih awal sesaat setelah shalat Tarawih dilaksanakan adalah pilihan yang bijaksana. Jangan merasa karena masih semangat dan ampu berdzikir dan shalat sehabis Tarawih lantas kita melanjutkannya hingga larut malam.

Kita harus menjaga kondisi badan agar tidak lemah dan kelimpungan karena mengantuk. Bagian dari iibadah kepada Allah adalah di antaranya menjaga kondisi badan agar tidak rusak dan tetap mampu kuat melaksanakan ketaatan.

Dengan disiplin akan waktu akan terjadi kebiasaan yang baik. Badan tidak terkejut lagii dengan kebiasaan baru yang dilakukan. Berjaga untuk tadarus, i'tikaf, dan dzikir setiap malam Ramadan adalah kebiasaan baik yang harus dilakukan dengan tetap mengupayakan kondisi badan yang prima.

Kesalahan fatal bila satu mlama kita semangat beribadah memperbanyak banyak jenis dan bilangannya lalu di siang hariny malah tidak mampu berbuat banyak karena lesu dan kepala terasa pening.