Apa Artinya Doa Untukmu Saat Ini?

Apa Artinya Doa Untukmu Saat Ini? Pertanyaan ini sangat mendasar. Bila dalam perintah kita harus berdoa dan kita mengalami kekecewaan karena doa tidak dikabulkan lalu masihkah ada ruang yang bisa diisi dengan alasan mengapa kita mesti tetap harus berdoa.

Saat ini arti doa menurut saya adalah bantuan. Anda yang membaca artikel ini tentu memiliki jawaban lain yang juga sesuai kondisi hati dan sebatas pengetahuan yang ada. Saya mengungkapkan perasaan saya saat ini.

Doa adalah bantuan. Saat lisan ini melantunkan bait-bait permintaan yang dilakukan dengan khusyu maka di sat itu pula saya merasakan bahwa saya sudah dibantu oleh Tuhan untuk mendekat kepadanya. Meskipun untuk selanjutnya saya tidak sadari.

Bariu saya sadari bahwa berada dekat dengan Tuhan adalah keuntungan. Dan pikiran saya awalna tidak sampai ke sana. Bila pun nantinya saya mendapatkan sesuatu seyelah berdoa maka saya menganggapnya sebagai bantuan.


Bila berdoa saja sudah merupakan bantuan Tuhan maka adanya keyakinan bahwa Dia mampu mewujudkan apa yang diminta adalah bantuan lainnya. Karena kemalasan yang mendera dan rasa enggan berdoa menjadi hilang gara-gara adanya keimanan yang dalam akan kekuasaan Tuhan.

Itulah yang saya rasakan. Saya telah dibantu untuk berdoa. Setidaknya saya bisa berdoa sepuasnya. Dengan hati, pikiran, dan anggota badan saya mampu berdoa dengan lama dan panjang. Apa gunanya saya demiakian karena yang lain yang tidak berdoa "sepertinya" hidupnya lebih baik?

Tetap saja perbandingan ini harus ditarik lebih dalam. Orang yang terlihat seperti tidak pernah berdoa mungkin saja ia berdoa di saat kita tidak tahu bahkan doanya lebih hebat dan lebih panjang. Mungkin saja ia menyembunyikannya kepada kita.

Pemikiran ini harus lebih panjang. Mungkin saya kehidupan yang nyaman dan sukses itu adalah buah dari kesolehannya menjalankan perintah Tuhan dan kita tidak tahu. Karena yang saya dengar mereka adalah orang-orang yang memiliki dzikir harian yang dibaca dawam setiap hari.

Apa Artinya Doa Untukmu Saat Ini?
Apa Artinya Doa Untukmu Saat Ini?

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.