5 Tips Agar Selalu Bugar Saat Berpuasa Ramadan

bagaimana agar tubuh tetap bugar dan energik saat berpuasa Ramadan? Karena kalau tubuh tidak diberi makanan dan minuman pasti akan kelelahan. Apalagi kalau makan siang dan cemilan tidak ada lagi dalam jadwal harian bisa parah akibatnya.

Sesungguhnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan dengan kondisi ini. Karena bukan hanya kita yang berpuasa tapi ratusan juta orang berpuasa Ramadan. Maka Ramadan ini adalah festival kesabaran yang pesertanya seluruh umat Islam di dunia.

Baca juga What is The Meaning of Ramadan Mubarak?

5 Tips Agar Selalu Bugar Saat Berpuasa Ramadan
vemale.com
Namun, dari sisi kebugaran tentulah berbeda. Kalau dari kaca mata keimanan sudah pasti. Orang yang berpuasa dengan keimanan yang kuat bukannya tambah lemah malah semangat dan tenaganya bisa berkali lipat.

Adapun tips kebugaran ini penting juga disimak. Karena kita diperintahkan untuk mengambil manfaat bagi kebaikan kita baik dalam ibadah, muamalah, dan keseharian kita. Oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk mencoba melihat ini dari berbagai sisi.

Pertama

Berlatihlah berpuasa sebelum datangnya Ramadan. Rasulullah saw selalu berpuasa sebelum Ramadan datang terutama pada bulan Sya'ban. Bahkan Rasulullah saw. memperbanyak puasanya pada bulan ini lebih dari bulan yang lain selain Ramadan.

Apa keuntungannya? 

Keuntungannya adalah badan kita terutama bagian perut akan terbiasa dengan aktivitas puasa. Dengan ini perut tidak lagi terkejut dengan perlakuan yang baru dialaminya. karena perut ini telah biasa mendapatkan perlakuan seperti ini sebelumnya.

Selanjutnya sesuaika juga waktu sebelum Ramadan dengan jadwal amaliah di Bulan Ramadan. Adanya perpindahan jadwal sering membuat suasana tidak karuan. Kalau ini terjadi seketika akan menimbulkan ketidaknyamanan.

Contoh sederhana untuk bagian ini adalah melakukan shalat malam dan melakukan shalat 2 rakaat sebelum tidur. Aktivitas ini akan membantu tubuh beradaptasi dengan jadwal ibadah yang dilakukan selama Ramadan.

Kedua

Makanlah dan minumlah sesuai kebutuhan nutrisi tubuh saat berpuasa. Ada baiknya bila ini dikonsultasikan dengan dokter ahli nutrisi.  Makanan-makanan sehat yang banyak mengandung zat yang bergizi bagi tubuh harus disiapkan.

Ketiga 

Istirahat yang cukup. Meskipun Ramadan adalah momentum untuk banyak beramal namun bukan berarti kita tidak tidur semalaman. Yang paling baik adalah dengan membagi waktu sesuai porsinya. Ada waktu untuk shalat, makan minum, dan istirahat. Bila istirahat kurang maka kepala akan terasa puyeng dan badan terasa lemas.

Keempat

Berolah ragalah setelah berbuka puasa. Kalau pun tidak maka mengerjakan Tarawih sangat baik sekali. Sebelum berbuka berolah raga ringan pun sangat dianjurkan seperti berjalan dan bersepeda dalam jarak yang tidak terlalu jauh.

Kelima
Tidak terlalu banyak tidur dan makan. Tidur dan makan harus pada porsinya yang tepat. Bila keduanya berlebihan akan mengakibatkan efek samping yang kurang baik pada tubuh orang yang berpuasa. Paling tidak, gejalanya adalah lemas dan malas.

Demikian 5 Tips Agar Selalu Bugar Saat Berpuasa Ramadan. Semoga ini bermanfaat bagi kita. Bila ada yang baik silahkan disebarkan kembali kepada kawan dan keluarga yang lain. Dan bila banyak yang salah mohon untuk dimaafkan.