Agenda Terbaik untuk Setiap Rumah Saat Mendidik Anak

Di antara hal penting yang tidak boleh dilupakan saat mendidik anak adalah mempersiapkan rumah yang kondusif untuk tumbuh kembangnya kesolehan dan kwalitas penghuninya. Saya sendiri mendengar ceramah KH Abdullah Gymnastiar di sebuah stasiun televisi.

Adapun tulisan ini adalah kutipan dari ceramah beliau yang saya mencoba menuliskan ulang dengan bahasa saya sendiri. Awalnya ini adalah untuk konsumsi pribadi namun saya berpikir akan besar manfaatnya bila saya menyebarkannya kembali.

Setiap rumah mesti membuat agenda tetap berikut ini:

Beribadah

Agenda yang pertama adalah beribadah. Ini hal yang paling utama yang akan menjadi titik pangkal unuk program berikutnya yang menjadi turunan agenda ini. Ajaklah semua yang ada di rumah untuk selalu melaksanakan ibadah dengan rutin dan benar.
 

Berakhlaq

Akhaq harus menjadi hal penting yang terus diajarkan, diberikan tauladan, dan terus menerus dilakukan. Buatlah standar-standar akhlaq misalnya kepada orang tua, kepada tamu yang datang dan kepada setiap anggota keluarga lainnya.
 

Belajar

Ciptakanlah suasana semangat dalam belajar. Baik orang tua atau anak-anak seharusnya semangat dalam mempelajari ilmu-ilmu agama dan juga ilmu-ilmu lainnya yang bermanfaat bagi kemajuan hidup di dunia dan keselamatan hidup di akhirat. 

Bekerja keras 

Menciptakan iklim yang mendukung yang baik agar semua tidak manja dan suasana yang penuh kerja keras dan selali ceria dan bergairah adalah sangat penting adanya. karena mental anak yang pekerja kerasa akan sangat menentukan untuk kwalitas hidupnya di masa depan.

Bersahaja

Seisi rumah kita harus mengamalkan gaya hidup bersahaja dan tidak menumpuk hal-hal yang tidak diperlukan dan tidak melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat. Menjauhi perbuatan yang akan membinasakan kita di masa yang akan datang. 

Bantu sesama

Kepedulian kepada sesama harus ditanamkan mulai dari rumah kita. Selalu mengajarkan kepedulian kepada anak-anak akan menjadikan mereka pribadi yang bermanfaat bagi orang lain. Sedangkan kemanfaatan adalah ciri dari manusia paling baik. 

Bersih hati

Ini sangat menentukan. Kecerdasan dan kekayaan di dunia ini sangat berguna namun tidak jarang itu hilang kemanfaatannya bila dipegang oleh orang yang berhati tidak bersih. Maka untuk memberikan ketenangan dan kebahagiaan mendidik hati anggota keluarga di rumah sangat penting.

Itulah agenda yang harus ada di setiap rumah agar pendidikan anak akan maksimal. Baca juga Saling Melapor, Miniatur Akhirat Terjadi di Dunia.


logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.