Penyebab Kegagalan Pendidikan Karakter Anak

Berbicara tentang Pendidikan karakter, berarti harus mengevaluasi terus menerus proses ini sampai kini dan nanti. Sejauh mana keberhasilan dan kegagalan yang dialami dan bagaimana memberikan solusi terhadap permasalahan yang timbul.

Mendidik anak memang bukan perkara mudah. bahkan sudah sering terdengar jargon yang menyatakan bahwa #membutuhkan orang sekampung untuk mendidik satu anak. Satu orang anak sebaiknya dididik oleh orang sekampung lantas bagaimana bila ada seratus orang anak.

Namun bukan berarti jumlah pendidik selalu menentukan keberhasilan dalam mendidik. Tidak kurang satu lembaga pendidikan hanya bertumpu pada seorang saja. Kita semua telah menyaksikan itu terjadi. Lantas apa kiat sukses mereka ini?

Pendidikan karakter anak di sekolah atau di masyarakat sangat membutuhkan aspek keteladanan. Begitulah seperti yang diajarkan sejak dahulu hingga kini. Bukankah para nabi dahulu berbuat sebelum mengajak orang lain.

Maka apabila seorang pendidik ingin sukses dalam menerapkan pendidikan karakter maka ia harus terlebih dahulu memiliki karakter itu. Maka sebisa mungkin sikap malas, lemah semangat, tidak peduli akan kemajuan dan seterusnya harus dihilangkan dari jiwa pendidik.

Sesungguhnya kegagalan dalam mendidik adalah karena para peserta didik tidak menemukan apapaun yang bisa diteladani dari pendidiknya. Maka apabila sikap tidak percaya terhadap karakter pendidik tetap ada kegagalan itu akan tetap saja ada.

Penyebab Kegagalan Pendidikan Karakter Anak
Penyebab Kegagalan Pendidikan Karakter Anak

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.