Pendidikan Karakter Bangsa, Mau Dibawa Kemana?

#Pendidikan Karakter masih akan terus menjadi perbincangan di kalangan masyarakat. Baik praktisi pendidikan maupun masyarakat biasa membicarakannya dengan terus-menerus. Tema #pendidikan merupakan tema besar dalam kehidupan umat manusia setelah ia mencari #tuhan dan memperharatikan dirinya sendiri.

Bangsa terdiri dari banyak suku bangsa. Dan mereka diikat oleh satu ikatan primordial kedaerahan dan kesukuan. Kedua ikatan ini rapuh apabila tidak diikat dengan kekuatan lain yang lebih kuat. Agama dikatakan sebagai pengikat yang paling kuat dibandingkan dengan ikatan lain.

Apabila agama dipersempit sebagai agama yang memiliki kitab suci dan mengajarkan ajaran ketuhanan ditengarai sebagai yang paling kuat maka ada satu kubu lain yang mengatasnamakan ideologi yang telah menjadi agama meskipun terkadang bertolak belakang dengan agama yang pertama.

Pemikiran dan hati manusia akan selalu terpaut dengan prinsip-prinsip ini. Ada yang terikat dengan agama tertentu dengan serangkaian ajarannya. Ada juga yang sangat senang dan terpikat dengan ideologi tertentu yang digandrunginya.

Selanjutnya, bila semua ini membentuk satu karakter maka pertanyaan selanjutnya Pendidikan karakter bangsa ini mau di bawa ke arah yang mana. Timur kah? Barat kah? Bersifat religius kah? Sekuler kah? Atau mau ke mana?

Yang hendak memberikan jawaban akan pertanyaan mendesak ini kami tunggu dalam kolom komentar. Silahkan tuliskan pemikiran anda dan berikan argumentasi yang jelas sejelas-jelasnya. Dalam hal ini kami sebagai masyarakat sangat menunggu jawaban pastinya.

Pendidikan Karakter Bangsa, Mau Dibawa Kemana
Penyebab Kegagalan Pendidikan Karakter Anak

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.