Ternyata Ini Manfaat Bergaul dengan Ulama yang Soleh

Bergaul dengan orang-orang soleh sangat besar manfaatnya. Ini termasuk salah satu dari 5 obat hati seperti yang sering diperdengarkan melalui sebuah lagu dari Opik dengan judul Tombo Ati. 

Lebih baik lagi apabila orang soleh tersebut memiliki ilmu agama yang mumpuni dan mendalam. Yang pertama kali dipelajari dari ulama adalah akhlak lalu ilmu. Mengapa demikian?  Karena akhlak adalah buahnya ilmu. Sudah menjadi kewajaran bagi yang menguasai ilmu agama untuk berakhlak. 


Didoakan

Manfaat pertama adalah doa tulus darinya. Kita semua tahu bahwa memohon didoakan boleh kepada siapa saja.  Lebih utama bila orang soleh yang mendoakan kita seperti Rasulullah Saw. yang memohon doa kepada Umar. 

Wangi 

Nama seorang ulama yang soleh wangi semerbak ke mana mana.  Bila kita bergaul dengan mereka maka kita mendapatkan nama yang wangi juga meskipun bukan tujuan. 

Dinasihati 

Nasihat adalah mutiara yang dihadiahkan meskipun kebanyakan orang tidak mau menerimanya bahkan mencurigai dan membencinya. Bila nasihat banyak yang kita terima sementara hati kita terbuka maka akan berdampak sangat baik untuk hidup kita.

Demikian saja untuk catatan ini. Semoga bermanfaat.



logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.