Pikiran Buntu Tidak Ada Inspirasi, Apa yang Harus Dilakukan?

Apaka anda pernah merasakan seperti yang saya alami? Saya sering sekali merasakannya. Seolah di kepala saya ini tidak ada apa pun selain blank. Saat hendak menulis yang dilakukan hanyalah duduk terdiam di hadapan laptop.

Apa yang harus dilakukan ketika itu terjadi?

Saya sendiri akan segera  bangun di tengah malam bila merasa otak buntu pada malam hari. Dengan begini ide dan inspirasi akan kembali lancar. Ini baru bangun malam. Apalagi bila ditambah dengan wudlu dan shalat malam.Yang lebih hebat lagi bila dilanjtkan dengan membaca Al-Qur'an dan berdzikir.

Dzikir yang harus dibaca saat pikiran buntu adalah asmaul husna dengan penuh penghayatan. Dzikir ini akan membawa kita kepada 3 lapadz zkir yang utama, yaitu: subhanallah, alhamdulillah, Allahu akbar.

Yang tidak kalah penting adalah membaca istighfar. Mengapa? Karena (yang saya yakini) hilang inspirasi (setidaknya) bersumber dari hati yang tidak pekak (bahasa kasarnya iman lagi anjlok). Karena hati yang penuh kelalaian biasanya mudah berbuat dosa. Itu tandanya noktah di hati akan semakin banyak. Inilah salah satu yang menyebabkan kita (saya) hilang inspirasi dan minim konsentrasi. Pencucnya adalah dengan memohon ampun (istighfar).


Nonton TV

Hal mudah yang bisa dilakukan saat hilang inspirasi adalah dengan menonton TV. IIni tetp ada kaitannya dengan poin pertama. Apapaun yang ditonton apabila kita mampu mengambil sisi lain dari tontonan yang tersaji di depan mata, maka dengan begitu inspirasi akan kembali ada.

Termasuk ke dalam bagian ini adalah melihat vidio, mendengarkan ceramah, membaca buku, memeriksa tulisan orang lain, menonton berita terbaru atau trending topic yang sedang hangat saat sekarang dan sebagainya.


Travelling

Menurut saya, Travelling ini sangat membantu pikiran kita untuk menemukan kembali sesuatu yang menarik untuk dijadikan bahan tulisan. Faktanya semua orang akan bercerita panjang apabila ditanya tentang petualangan yang dilakukannya.

Demikian catatan ini. Semoga bermanfaat. Selanjutnya silahkan anda tambahkan untuk memperkaya tulisan ini. Sebelum berakhir, yang bisa menginspirasi adalah kawan-kawan dekat dan guru-guru yang menginspirasi.

Pikiran Buntu Tidak Ada Inspirasi, Apa yang Harus Dilakukan?

logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.