Mengapa Harus Minder?

Minder bukan kewajiban. Bahkan Minder  ini adalah sikap hati yang tidak baik. Hanya saja ini sukar dibendung apabila tidak diketahui penyebabnya. Untuk mengobati penyakit harus diketahui dulu latar belakangnya. 

Ilmu Kurang

Dengan meyakinkan ilmu meningkatkan rasa percaya diri. Sederhana saja, ilmu dihasilkan dari aktivitas belajar yang sebagian besarnya adalah aktivitas membaca dan menulis. Sementara buku adalah jendela dunia dan membaca adalah pintu gerbangnya. Dan menulis adalah aktivitas penyebaran dan perekaman ilmu. Kurang dalam masalah ilmu dan pengetahuan adalah faktor kuat yang akan membuat Minder seseorang.

Miskin

Banyaknya harta dan uang membuat seseorang menjadi sangat percaya diri.Kemiskinan juga termasuk faktor kuat yang membuat seseorang menjadi minder.  Bila bertemu dengan orang-orang kaya ia merasa malu yang sebenarnya minder. Mungkin tipis sekali perbedaan antara malu dan minder.

Kurang Gaul 

Kurang ilmu dan kurang uang akan mudah disiasati dengan pergaulan yang baik.  Dengan bergaul saluran informasi akan terbuka maka ilmu pun bisa didapatkan secara informal. Kurangnya uang juga bisa ditutupi dengan bergaul. Karena sumbersumber uang akan diketahui dan mendapatkannya akan lebih mudah dengan bersama sama yang lain.  Dan kurang bisa bergaul membuat seseorang minder dan kalap saat bertemu orang baru.

Demikian catatan kami. 




logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.