Jangan Disangka Orang Gunung Pada Miskin

Geliat perekonomian bukan hanya tumbuh baik di perkotaan. Bahkan anda harus percaya orang orang di daerah pegunungan pada kaya raya.  Buktinya di sejumlah kawasan seperti di Ciwidey penghasilan mereka lebih dari gaji karyawan. 

Di daerah gunung umumnya orang bisa menanam tanaman  yang umumnya banyak dibutuhkan dan harganya selalu bagus. Salah satu komoditas unggulan di daerah pegunungan adalah tanaman cengkeh.

Harga cengkeh per kilonya selalu bagus.  Bila harganya sedang bagus kenaikannya bisa mencapai Rp.  120.000. Harga paling rendahnya hanya sampai Rp.  70.000 saja.  Bila menanam dalam tanah seluas 1 hektare maka penghasilannya bisa mencapai puluhan Juta rupiah.

Komoditas penting lainnya adalah lada, kopi, kapol, dan tidak lipa pete dan jengkol.  Komoditas ini terus naik harganya. Bila pun ada penurunan harga, itu tidak signifikan dan masih terbilang rasional.

Selanjutnya yang selalu menjadi komoditas unggulan adalah tanaman bumbu dan sayuran.  Dua komoditas ini akan selalu dibutuhkan banyak orang sehingga pasarnya jelas dan selalu ada. 

Bila ditambah dengan pengembangan dan pengelolaan yang baik tentu saja hasilnya akan lebih baik dan kesejahteraan masyarakat akan segera tercapai dan merata ke sejumlah lokasi lainnya.


logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.