Inilah Pernyataan yang Tidak Benar Sama Sekali

Tahukah anda pernyataan apa yang saya maksud? Yang saya maksud adalah pernyataan yang dikatakan pada momentum yang tidak tepat walaupun isinya bisa dibenarkan meskipun ada catatan. 

Ucapan buruk seperti apa saja yang tidak boleh dikatakan karena efeknya tidak baik? Contohnya seperti, "Dari pada nanti memalukan lebih baik tidak usah tampil, karena saya tahu kualitas kalian. "

Ucapan di atas meskipun muatannya ada kemungkinan benar apabila diungkapkan sebelum semuanya dicoba dan diuji dengan lebih intensif dan telah dilakukan pelatihan serius maka ungkapan itu salah sama sekali. 

Kecuali apabila ungkapan itu dinyatakan kepada orang yang telah mengikuti pembinaan dan mereka tidak menampakkan keseriusan dan hasilnya buruk barulah pernyataan seperti itu "mungkin" bisa dibenarkan. 

Ungkapan berbahaya lainnya masih banyak yang perlu diwaspadai. Ungkapan seperti ini akan lebih buruk dampaknya apabila meluncur dari seorang pemimpin, pelatih atau pembina.  Dan bagi seorang guru ungkapan ini menurut saya sangat dilarang terucap kepada peserta didik.  Karena guru bukan hanya mengajarkan sejumlah disiplin ilmu namun juga seperangkat norma dan sebisa mungkin guru harus mengobarkan harapan. 


logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.