Hati Gelap Sementara Masih di Dunia

Hati yang gelap dapat diobati dengan membaca istighfar. Saat berada dalam situasi seperti ini kembali kepada Allah melalui beragam hal yang telah diajarkannya. Maka bagi yang beriman kepada Allah tidak akan kehilangan akal dan harapan. 

Tingkatkan Kesadaran 

Kesadaran adalah bagian dari hati yang bertaubat. Insafi semua yang meresahkan adalah karena perbuatan diri sendiri. Kezaliman lah yang membuat kita berada dalam situasi yang terjepit. 

Kesadaran ini menyangkut 2 hal utama. Pertama mengakui bahwa semua yang terjadi adalah hasil dari perbuatannya.  Kedua menerima segala konsekuensi yang terjadi karena perbuatan itu.  Dalam tahap ini tidak perlu lagi menyalahkan orang lain. 

Raihlah Ketenangan

Saat hati terasa gelap maka kita harus mendapatkan ketenangan dulu dalam hati. Kembali mengingatkan diri bahwa ada Allah yang maha kuasa yang akan menjadi pembela. Perasaan ini akan membuat tenang lebih dari nyamannya seseorang yang percaya pada dirinya sendiri. 

Nyalakan Cahaya

Percayalah, cahaya hati kita tidak semuanya hilang. Yang harus dilakukan adalah mengipasinya dengan teratur agar ia nyala kembali. Memang saat hati gelap serasa cahaya hati padam seketika. 

Ajaran orang -orang soleh tentang ini sangat jelas. Apabila gelapnya hati disebabkan karena dosa maka jalan terbaik untuk meneranginya adalah dengan cara bertaubat dan beramal soleh. 

Apabila gelapnya hati karena cinta dunia yang membuat seseorang menjadi rakus, kikir, dan lalai terhadap ibadah, maka yang harus dilakukan adalah dengan kembali mengembalikan posisi harta dan dunia sebagai sarana bukan tujuan. Apabila cara berpikirnya sudah benar maka sebanyak apapun harta dan dunia yang dimiliki tidak akan membahayakannya. 

Hati yang gelap karena disebabkan ketakutan dan kesedihan harus dikembalikan menjadi terang kembali dengan cara membuatnya senang. Apabila sedih karena kehilangan sesuatu yang sangat dicintainya maka yang harus dilakukan adalah menghiburnya dengan yang lain dengan ciri-ciri yang sama.  Rasa takut, gelisah, dan khawatir dapat dinetralisir dengan cara berdoa. 

Demikian catatan ini. Ingin sekali saya berbagi cerita dengan anda bagimana cara mengobarkan kembali cahaya hati yang akan menemani kita menyusuri lorong masa depan yang belum kita ketahui akan seperti apa kejadiannya.  Terimakasih 


logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.