Etika Pendatang, Agar Diterima oleh Penduduk Setempat

Sering kita mendengar terjadinya konflik antara pendatang dan penduduk setempat. Bukan hanya menyangkut hal sepele bahkan sering kali menyangkut urusan nyawa. Tidak jarang terjadi peperangan dan permusuhan antara dua suku diawali oleh konflik ini. 

Latar belakangnya mungkin saja beraga. Bisa dari pihak pendatang dan bisa juga dari pihak penduduk setempat. Atau bisa juga berasal dari pihak lain yang mengambil keuntungan sepihak dari adanya pendatang. 

Namun demikian sebagai pendatang semestinya melakukan beberapa hal penting dan meninggalkan hal-hal yang berbahaya. 

Perkenalkan Diri Secepatnya 

Hal pertama adalah segeralah menemui para tokoh masyarakat terutama tetangga yang paling dekat dengan tempat tinggal. Tampakkan wajah yang ramah dan tingkatkan pergaulan anda. 

Jangan Menampakkan Kelebihan 

Apapun yang anda miliki baik ilmu, kemahiran, atau harta pada akhirnya akan diketahui orang. Namun saat pertama-tama anda berada di suatu tempat janganlah sekali-kali semua itu ditampakkan. 

Bersikaplah Dermawan 

Penduduk setempat akan merasa tidak suka apabila bertetangga dengan orang baru yang pelit dan tidak ada senyuman di wajahnya. Yang disukai adalah yang dermawan dan murah senyum. 

Itu saja yang yang bisa saya sampaikan. Selebihnya Silahkah anda tambahkan lagi untuk memperkaya daftar etika bagi para pengunjung yang datang dalam menyikapi sikap dari penduduk setempat. 





 


logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.