2 Kelakuan yang Membuat Seseorang Menjadi Memuakkan

Dalam kehidupan bermasyarakat sering sekali menemukan hal yang dirasa tidak tepat. Kabar buruknya adalah yang menurut kita tidak tepat, apabila dipikirpikir ternyata sering juga kita lakukan. Hanya saja bila itu dilakukan oleh orang lain baru terasa bahwa itu tidak pantas sama sekali.

Yang pertama, selalu membicarakan kehebatan yang dia punya. Ini meliputi ilmu pengetahuan, kekuasaan, jabatan, keluarga dan seterusnya. Termasuk juga membanggakan anaknya atau nenekmoyangnya. 

Termasuk dalam bagian ini adalah terlalu sering membicarakan banyaknya kenalan,  rekan., dan kolega. Ia membanggakan bisa kenal dekat dengan si anu yang kaya, si anu yang pejabat, si anu yang pengusaha besar,  dan seterusnya.

Kedua, suka memamerkan yang dimiliki. Seseorang tentu bebas menggunakan apa yang dimiliki. Namun dalam tataran etika ada pula norma yang mengarahkan seseorang untuk berbuat yang paling baik. Setelah waktu berjalan maka akan terlihat apa tujuan besar yang ada di balik itu. 

Dalam hal ini perbedaan antara mensyukuri nikmat dengan pamer memang sangat samar.  Namun seiring dengan berjalannya waktu orang-orang akan tahu mana yang benar dan mana yang tidak. 

Itulah dua hal yang harus dihindari.



logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.