1 Kata untuk Hidup Lebih Kaya dan Bahagia

Cara menjadi kaya sangat banyak. Dalam catatan ini saya ingin membagikan hasil observasi dan wawancara saya dengan penduduk di suatu kampung yang jauh dari kota tapi hidupnya bahagia dengan kekayaan uang berlimpah. 

Saya mendapati bahwa adanya kekuatan magis dalam kemauan. Kekuatan ini terbukti secara nyata mampu menghasilkan perbuatan lain yang positif. Bahkan di manapun berada kekuatan ini selalu menjadi penentu keberhasilan. 

Seperti kehidupan masyarakat di kampung yang saya datangi.  Di sana, apabila seseorang tidak punya keinginan tentu ia akan binasa. Mengapa?  Karena dari medan yang ada sangat sulit untuk hidup di kawasan seperti itu. Namun kenyataannya berbeda. 

Kehidupan di sana sangat baik. Untuk mendapatkan air, mereka harus mengambilnya dari sumber air di gunung yang jaraknya berkilo-kilo meter.  Untuk mengairi sawah mereka harus membangun tanggul. 

Untuk bisa sekolah para murid harus berjalan puluhan kilometer. Dan tahukah anda ternyata mereka umumnya kaya raya. Apa yang membuat mereka kaya? Tiada lain karena kemauan keras. 

Dengan mental baja untuk menaklukkan alam yang ganas dan tidak bersahabat nereka menembus hutan, membelah bat, metayakan cadas,  dan menanaminya drngan kapol, cengkeh dan bumbu-bumbu dapur. 

Menanam adalah kegiatan yang menyenangkan yang menyebabkan kecanduan. Bila satu hari saja mereka tidak ke ladang badan mereka malah terasa pehal-pegal. Masa panen saatnya menuai hasil atas jerih payah selama ini. 


logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.