1 Aktivitas Berbahaya yang Paling Menjijikkan

Tahukah diri ini akan bahaya aktivitas ini?  Dengan sepenuh hati saya meyakinkan bahwa diri ini mengetahuinya. Namun sayang sekali diri ini tidak sadar akan bahayanya saat melakukannya. 

Menurut saya aktivitas yang paling berbahaya saat ini adalah membicarakan keburukan orang lain. Saya pikir kelakuan ini berbahaya secara individual dan secara sosial. Ingin sekali saya membicarakan soal ini panjang lebar. Namun saya sadar diri ini tidak punya pengetahuan yang mencukupi untuk membahasnya. 

Menurut saya, mohon koreksinya bila saya salah, perbuatan menggunjing sangat berbahaya bagi individu yang melakukannya. Mengapa? Saya meyakinkan diri saya bahwa dalam diri sang penggunjing ada perasaan merasa lebih baik dari orang yang dibicarakan.

Alasannya adalah saya sering mendapati kalimat-kalimat saran.  Sayangnya kalimat itu tidak disampaikan langsung kepada orangnya.  Alangkah baiknya bila kalimat-kalimat itu disampaikan kepadanya, tentu itu baik.

Bahaya berikutnya adalah sikap mencari dan membicarakan keburukan orang lain itu dipicu oleh rasa tidak senang kepada orang itu yang dianggap telah merendahkan dirinya.  Bila kejadian itu karena salahnya sendiri maka sikap tidak mau disalahkan dan dinasihati menjadi sangat berbahaya. 

Menggunjing juga memiliki bahaya besar lainnya, yaitu ketenteraman dalam masyarakat akan ternodai. Apalagi bila perbuatan ini sampai juga beritanya kepada orang yang dibicarakan.

Selanjutnya ada juga yang melakukannya untuk menjadikannya sebagai pelajaran. Saya sepakat dengan ini hanya dengan beberapa syarat. Salah satunya adalah orang yang dipergunjingkan Benar-benar melakukan kejahatan secara terang-terangan. 

Demikian catat saya. 


logoblog
Previous Post
Posting Lebih Baru
Next Post
Posting Lama

Post a comment

Copyright © Sarip Hidayat. All rights reserved.